Kemenpolhukam Gelar Diskusi Kesiapan Politik dan Keamanan Hadapi MEA di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Kementerian Politik Hukum dan Keamanan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Subang mengadakan acara Diseminasi Pembukaan Masyarakat ASEAN 2015 berupa acara diskusi dan tanya jawab, yang dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Unsur Pemerintahan dan Mahasiswa di Pendopo Bupati Subang , Kamis (7/5/2015).
Acara ini bertema “Memaksimalkan Kesiapan Indonesia dipilar Politik dan Keamanan,” membicarakan aspek apa saja yang harus dipersiapkan untuk dihadapi MEA kedepan, menyakut kerjasama internasional di bidang politik, ekonomi, budaya dan keamanan.
Deputi Kerja Sama ASEAN Politik Luar Negeri Dupito D Simamora mengungkapkan pertemuan ini diharapkan masyarakat paham betul apa itu MEA dengan tiga pilar yang mendasarinya.
Dari Kanan Ke Kiri Iwan Henry Kusnadi (dekan FIA Unsub), Fery Adiyanto (unpad, Dupito Simamora (kemenpohukam) Sigit Priyono,
“Tiga pilar tersebut yaitu Komunitas Keamanan ASEAN (ASEAN Security Community-ASC), Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community-AEC), dan Komunitas Sosial-Budaya ASEAN (ASEAN Socio-Cultural Community-ASCC) ,” paparnya.

Sementara itu Wakil Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih menyambut baik acara ini. Ia menyampaikan harapannya agar masayarakat Subang dapat melanjutkan dan meningkatkan kekuatan dibidang politik, keamanan, dan budaya serta meningkatkan daya saing nasional.

“Kita tingkatkan daya saing kita lebih maju terutama produktivitas sumber daya manusianya apalagi kita kaya sumber daya alam yang melimpah, “ungkapnya.
Imas juga menambahkan program 5 gapura yang dicanangkan Pemkab Subang bisa selaras dengan MEA yang akan dihadapi. Ia juga berharap semua dinas dan instansi juga bisa menyelaraskannya sesuai dengan tupoksi yang dimiliki masing-masing.

Berita Terkait: