BBGRM, Gubernur Terjun Langsung Bersihkan Sungai di Subang

KOTASUBANG.com, Pagaden – Gubernur Jawa Barat bersama dengan beberapa Wali Kota dan Bupati se-Jawa Barat hari ini, Rabu (6/5/2015) menghadiri pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-12 sekaligus Hari Kesatuan Gerak (HKG) PPK ke-43 Tingkat Jawa Barat di Pagaden, Subang.

Dalam sambutannya gubernur mengajak kembali untuk membangkitkan gotong royong di daerah masing-masing, mengingat saat ini semangat gotong royong mulai pudar di daerah.

“Gotong royong adalah kearifan lokal yang tidak boleh hilang, momentum bulan bakti gotong royong adalah pengingat kita untuk terus menumbuhkan semangat ini di daerah masing-masing.” ujar gubernur.

gubernur bulan bakti gotong royong subang
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan diarak naik Sisingaan menuju tempat pencanangan Bulan Bukti Gotong Royong tingkat Jawa Barat di Pagaden, Subang (6/5/2015)

“Negara tidak bisa menyelesaikan segalanya, di sinilah semangat gotong royong itu perlu. Perbaikan-perbaikan infrastruktur yang kecil seperti gorong-gorong tidak perlu lah harus menunggu pemerintah, gotong-royong bisa menyelesaikan hal seperti itu, ” tambahnya.

Sementara itu ketua penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Hj. Netty Heryawan dalam sambutannya mengungkapkan PKK merupakan satu elemen yang bersama-sama mewujudkan kemajuan suatu daerah.

“Tidak ada camat yang sukses tanpa kader PKK yang sukses, tidak ada Bupati yang sukses tanpa kader PKK yang sukses, tak ada Gubernur yang berhasil tanpa dukungan kader PKK. Inilah salah satu bentuk gotong royong dari semua elemen,” ujar Netty.

gubernur bulan bakti gotong royong subang 2
Pemukulan Kentongan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menandai pencanangan Bulan Bukti Gotong Royong tingkat Jawa Barat di Pagaden, Subang (6/5/2015)
BBGRM 2015
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terjun langsung bergotong-royong bersihkan sungai bersama masyarakat Pagaden sekaligus pencanangan Bulan Bukti Gotong Royong tingkat Jawa Barat di Pagaden, Subang (6/5/2015)

Hal senada juga diungkapkan Bupati Subang Ojang Sohandi, menurutnya kemadirian suatu daerah akan terwujud jika masyarakatnya bergotong rotong.

“Suatu daerah yang kaya pun tidak akan maju tanpa adanya gotong royong dari semua pihak,”  katanya.

Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh gubernur diikuti pemukulan kentongan bersama para tamu undangan. Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan gubernur ke stand-stand pameran beberapa instansi dan kabupaten/kota.

Kemudian gubernur dan warga masyarakat bersama-sama terjun langsung bergotong-royong membersihkan sungai yang melintas di sekitar Alun-alun Pagaden.

Berita Terkait: