Gembira Bersama Alam di Capolaga Adventure Camp

KOTASUBANG.com, Ciater – Suasana hiruk pikuk perkotaan kadang membuat kita penat bahkan stress. Ada kalanya Anda perlu melupakan sejenak kesibukan kerja Anda, luangkan sedikit waktu untuk me-refresh otak dengan menyatu bersama alam. Beruntunglah yang tinggal di Subang, alam Subang Selatan yang asri menyediakan tempat-tempat yang bisa membuat hati dan pikiran tenang sehingga membuat semangat untuk menghadapi hari berikutnya.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Capolaga Adventure Camp. Hanya berjarak sekitar 2 Km dari lokasi wisata pemandian air panas Sari Ater, Capolaga menawarkan wisata alam yang asri. Rasakan sensasi suasana alami di sana. Hawa yang sejuk kaki gunung Tangkuban Parahu, suara gemericik air dan kicau burung di tengah hutan membawa ketenangan bagi siapapun yang berada di sana.

Di area seluas 10 hektar ini terdapat 3 buah air terjun atau curug yang dapat anda kunjungi, dari selatan ke utara secara berurut yaitu curug Karembong, curug Sawer dan curug Goa Badak.

capolaga subang Sesuai namanya, curug yang pertama dinamai curug karembong karena menyerupai karembong (selendang) yang “dikebutkan”. Kata sebagian orang, derai airnya yang khas dapat dimanfaatkan untuk water teraphy. Bagi Anda yang sering pegal linu dan rematik silahkan coba saja keampuhannya!

Curug berikutnya adalah Curug Sawer. Curug ini meskipun tingginya hanya 5 meter, akan tetapi kalau airnya sedang besar, curug ini menyerupai bunga yang ditaburkan. Disekitar curu ini terdapat lapangan rumput cukup luas untuk lokasi camping (camping ground), sehingga anda bisa menikmati sensasi bermalam di alam bersama gemericik air curug.

Curug yang terakhir adalah Curug Goa Badak. Di tempat ini Anda bukan hanya dapat menikmati keindahan curug setinggi 8 meter, tetapi juga kolam untuk berenang dan gua. Entah karena apa gua ini disebut gua badak. Akan tetapi, posisinya yang berada tepat di sebelah air terjun membuat gua ini cukup menarik.

curug capolaga Subang

Sebenarnya ada satu curug lagi di lokasi wisata ini yaitu curug Cimuja, namun saat ini akses menuju curug tersebut telah ditutup karena terlalu berbahaya bagi pengunjung. Sesuai namanya curug ini konon sering dipakai untuk lokasi memuja atau bersemedi memohon sesuatu.

Jarak tempuh antar-curug yang satu dengan lainnya, berbeda. Jarak Curug Karembong-Curug Sawer lebih kurang 250 meter, Curug Sawer-Curug Goa Badak lebih kurang 550 meter. Jadi, jika Anda mengunjungi ketiga curug tersebut, Anda sudah berjalan hampir 1 Km. Ini adalah sebuah cara olah raga yang menyehatkan dan menyenangkan di tengah udara alam yang segar.

Selain menikmati keindahan air terjun di Capolaga anda juga bisa mencoba wahana yang menantang yaitu flying fox. Selain itu Capolaga juga dilengkapi dengan fasilitas villa, kolam renang, musholla dan warung-warung kecil. Lokasi wisata ini juga kerap dipakai untuk acara gathering atau outbond perusahaan maupun keluarga besar.

subang

Aksesibilitas

Dari Jakarta lokasi wisata ini bisa dicapai melalui Tol Sadang – Subang – Jalan Cagak – Ciater sekitar 150 Km (3.5 jam perjalanan) atau melalui Tol Sadang – Purwakarta – Wanayasa – Jalan Cagak – Ciater dengan jaerak dan waktu tempuh yang hampir sama.

Dari Bandung lokasi wisata ini bisa dicapai melalui Lembang – Ciater sekitar 35 Km ( 1.5 jam perjalanan). Dan dari Kota Subang lokasi wisata ini berjarak 45 Km (45 menit perjalanan).

Lokasi wisata ini dapat ditempuh kurang dari 10 menit dari gerbang wisata Sari Ater. Lokasi tepatnya di kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Ciater.