Rencana Dipakai Mudik, Tol Cipali Belum Rampung

KOTASUBANG.com, Subang – Dua bulan menjelang lebaran, Tol Cipali yang sedianya akan digunakan untuk jalur mudik belum sepenuhnya rampung. Kendala utama Pembangunan jalan tol Cikopo – Palimanan ini adalah pembangunan dua jembatan di daerah Cipeundeuy dan Balingbing, Pagaden Barat.

Hal itu terungkap saat Kapolda Jawa Barat, Mochammad Iriawan bersama rombongan saat memantau kesiapan jalan tol Cikopo – Palimanan, di ruas Subang, Minggu (3/5/2015).

“Di wilayah Subang ada dua jembatan yang masih dalam pengerjaan, yaitu pembangunan jembatan kawasan Cipendeuy dan Jembatan Sungai Ciasem, (Balingbing Pagaden Barat). Paling berat pekerjaannya jembatan sungai Ciasem perkiraan baru 50 persen,” ujar Kapolda saat memantau lokasi pembangunan jembatan, di Desa Balingbing Kecamatan Pagaden Barat.

Kondisi geografis yang cukup curam menjadi kendala utama pembangunan 2 jembatan tersebut. Hal tersebut membuat pekerjaan yang sedang berlangsung diperkirakan masih akan memakan waktu cukup lama.

Tol Cikampek - Palimanan di riuas Cilameri, Subang (29/4/2015)
Tol Cikampek – Palimanan di riuas Cilameri, Subang (29/4/2015)

Ditemani Kapolres Subang AKBP Harry Kurniawan, Kapolda menyusuri jalan tol Cipali mulai dari Kilometer 72 hingga Kilometer 123. Kapolda mengungkapkan pemantauan ini berkaitan dengan keinginan presiden jalan tol ini bisa tuntas sebelum musim mudik, sehingga pada saat arus mudik lebaran sudah bisa digunakan. Kondisi terkini dilapangan ini kemudian akan segera dilaporkan dan dibahas dalam rapat dengan berbagai pihak terkait utamanya para pengembang.

“Nanti kondisi riil dilapangan ini segera dibawa ke rapat, utamanya untuk memastikan apakah pengembang bisa menuntaskannya sebelum ramadhan nanti. Sebab ini ada kaitan dengan keinginan bapak presiden bisa digunakan saat musim mudik. Selain itu, pihak pengembang juga sebelumnya sudah menyatakan sanggup, itu komitmen mereka,” ujar Kapolda.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Mochamad Iriawan (dua kanan) bersama Kapolres Subang, AKBP Harry Kurniawan (dua kiri) sedang memantau kondisi terakhir tol Cipali diwilayah Subang

Namun demikian menururt Kapolda, pihaknya akan menyiapkan langkah antisipasi apabila pada saat musim mudik nanti jalan tol belum juga rampung. Jalur reguler yang sudah biasa digunakan kemungkinan akan tetap dipertahankan.

“Kami juga sedang mengkaji, apakah nantinya memungkinkan bisa jalan tol bisa digunakan sebagian dulu. Namun masih perlu pendalaman dalam mengatur rekayasa lalu lintas. Sebab khawatir bila sebagian digunakan malah akan memperparah kemacetan, bisa terjadi botle neck bila dari empat jalur masuk ke dua,” tambahnya.

Sementara itu Riswadi Healt and Safety officer Seksi 1 mengungkapkan pembangunan dua jembatan tersebut saat ini tengah dikebut sehingga bisa tuntas sebelum ramadhan.

“Memang ada kendala pada pembangunan dua jembatan karena kondisi geografis cukup berat, namun sekarang pekerjaan sedang dikebut karena kami ditarget menyelesaikannya hingga Juni sebelum puasa bisa tuntas,” katanya.

Berita Terkait: