Paguyuban Pasundan Subang Perkuat Organisasi Hingga Tiap Kecamatan

KOTASUBANG.com, Subang – Menghadapi perubahan yang semakin pesat di kabupaten Subang terutama dengan industrialisasi dan adanya akses jalan tol yang melintas Kabupaten Subang, Paguyuban Pasundan Cabang Subang akan fokus menggarap pengembangan pendidikan dan ekonomi kerakyatan disamping tentunya melestarikan seni budaya sunda dalam program kerjanya 5 tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan Ir. H. Mochamad Agustias Amin, Ketua Paguyuban Pasundan cabang Subang seusai konsolidasi dengan para pengurus baru Paguyuban Pasundan Subang periode 2015 – 2020 di aula Disbudparpora, jalan Ahmad Yani, Kamis (30/4/2015).

“Selain tentunya melestarikan budaya, program kita ke depan akan fokus pada pemberantasan kebodohan atau pengembangan pendidikan dan pengentasan kemiskinan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan. Tiga bidang ini yang akan kami utamakan,” ujar Agustias kepada KOTASUBANG.com.

1904055

Selain fokus pada 3 bidang tersebut dalam 5 tahun ke depan Paguyuban Pasundan Cabang Subang juga akan menguatkan organisasinya dengan membentuk dan meresmikan anak cabang di tiap kecamatan. Saat ini baru 11 anak cabang Paguyuban Pasundan yang sudah terbentuk.

“Saat ini baru 11 anak cabang yang telah terbentuk, yaitu Subang, Pagaden, Pagaden Barat, Cipunagara, Binong, Cipeundeuy, Cijambe, Cisalak, Kasomalang, Sagalaherang, Tanjungsiang. Ke depan di seluruh kecamatan akan dibentuk anak cabang,” jelasnya.

Selanjutnya Agustias Amin juga menjelaskan semangat juang para pendahulu tokoh sunda yang telah membentuk Paguyuban Pasundan harus menjadi motivasi bagi generasi saat ini.

“Kalau melihat lagi sejarah terbentuknya tahun 1913, Paguyuban Pasundan merupakan organisasi perjuangan yang berjihad untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Semangat juang ini harus menjadi motivasi, tidak boleh luntur dan harus dimiliki oleh kita sebagai penerusnya,” ungkap Agustias.