Brigade RW Subang Dicanangkan, Apa Fungsinya?

KOTASUBANG.com, Subang – Sebanyak 1900 Ketua Rukun Warga (RW) se-Kabupaten Subang dikumpulkan di GOR Gotong Royong Subang, Ahad (19/4/2015). Ribuan RW ini menghadiri pencanangan Brigade RW yaitu sebuah program interaktif radio hasil kerjasama antara pemkab Subang dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Melalui program ini, nantinya para ketua RW se-Kabupaten Subang bisa berkomunikasi interaktif dengan Bupati, Wakil Bupati, Sekda maupun para kepala OPD melalui siaran radio RRI Bandung.

“Di Subang ada 235 desa, kalau semua desa dikunjungi sehari satu desa paling tidak butuh waktu dua tahun baru bisa selesai. Apalagi kalau ke tingkat RW maupun RT, akan lebih lama lagi mungkin bisa tiga periode jabatan bupati baru tuntas,” ujarnya.

Oleh karena itu menurut Ojang dengan acara radio Brigade RW ini, ketua RW bisa menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung melalui siaran radio untuk kemudian bisa ditampung sekaligus ditindaklanjut oleh dinas teknis terkait.

Pencanangan Brigade RW di GOR Gotong Royong Subang (Foto : RRI)

Pencanangan Brigade RW di GOR Gotong Royong Subang (Foto : RRI)

Turut hadir dalam acara pencanangan Brigade RW tersebut Direktur Utama RRI, Rosalina Niken Widiastuti , Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanudin, Ketua DPRD Subang, Wakil Bupati Hj.Imas Aryumingsih dan Direktur Pencegahan BNN Pusat, Gungun Siswadi, Kepala BPMKB Kab.Subang, H.Syawal dan para pejabat Pemkab Subang lainnya.

Acara pecanangan tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Direktur Utama Lembaga Penyiaran Pemerintah Radio Republik Indonesia, Rosalina Niken Widiastuti. Niken mengatakan dengan kekuatan 83 statsiun di seluruh Indonesia dan tiga statsiun khususnya di wilayah Jawa Barat, semua pesan yang disampaikan antara Brigade RW dengan instansi yang lebih tinggi bisa disimak secara interaktif oleh pemirsa melalui siaran langsung di frekswnsi khusus RRI.

Anggota DPR RI Tubagus Hasanudin yang mendorong terlaksananya program ini mengungkapkan program yang diselenggarakan di Subang ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

“Brigade RW ini memiliki¬† sangat strategis, sebagai ujung tombak penanganan berbagai masalah sosial di level paling bawah,” ujar Hasanudin.