Bertarung dengan Dewasa, Siswa Kelas 6 SD dari Pagaden Juarai Lomba Menembak

KOTASUBANG.com, Subang – Siswa kelas 6 Sekolah Dasar dari Pagaden secara mengejutkan menjadi juara ke dua dalam perlombaan menembak Silhouette yang di gelar di Lapang Tembak Perbakin, Jalan Palabuan, Subang, Kamis (16/4/2015). Gerry, demikian nama siswa tersebut bahkan mengantongi poin yang sama dengan penembak juara pertama, hanya saja dirinya terpaut waktu sekitar 3 menit.

Gerry tampak tenang dan tidak canggung ketika berlomba dengan puluhan penembak dewasa yang berasal dari berbagai klub menembak dari seluruh Kabupaten Subang. Ia juga tampak terampil memegang senjata dan mengatur posisi menembak. Dalam perlombaan yang terbuka untuk segala usia ini Gerry mengikuti  Kelas PCP (Pre Charge Pneumatic) dengan jarak sasaran tembak 35 meter. Kelas lainnya yang juga dilombakan adalah Pompa dengan jarak sasaran tembak 15 meter.

Juara lomba menembak Silhouette tersebut secara berurutan, untuk kelas PCP diraih oleh Ata (Kalijati), Gerry (Pagaden) dan Dedi Djie (Pamanukan) sedangkan untuk kelas Pompa diraih oleh Agus (Kalijati), Yadirus (Cipeundeuy) dan Suherman (Cipeundeuy).

Gerry, siswa kelas 6 SD dari Pagaden tampak tenang mengikuti lomba menembak yang diselenggarakan Perbakin

Gerry, siswa kelas 6 SD dari Pagaden tampak tenang mengikuti lomba menembak yang diselenggarakan Perbakin

Perlombaan yang digelar oleh Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Subang ini merupakan perlombaan eksibisi pada Pekan Olahraga Kabupaten Subang (PORKAB I). Dengan eksibisi ini diharapkan cabang olahraga menembak ini akan diperlombakan pada PORKAB selanjutnya.

Perlombaan eksibisi menembak tersebut disambut antusias oleh para penembak yang berasal dari klub maupun perorangan yang dating dari berbagai daerah di Subang. Antusisme tersebut tampak dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti perlombaan ini. Hampir 200 peserta mengikuti lomba yang baru digelar kembali di Subang sejak 2010 lalu.

Suasa lomba eksibisi menembak di Lapangan Perbakin, Subang

Suasa lomba eksibisi menembak di Lapangan Perbakin, Subang

Banyaknya peserta yang mengikuti perlombaan ini merupakan angin segar bagi perkembangan olahraga menembak di Kabupaten Subang. Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Olah Raga (Kadisbudparpora) Asep Nuroni mengungkapkan antusiasme peserta ini akan menjadi acuan untuk memasukan olahraga menembak menjadi salah satu cabang olah raga pada PORKAB selanjutnya.

“Melihat antusiasme peserta yang mengikuti perlombaan kali ini, tak ada alasan lain untuk menjadikan olah raga menembak menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan pada PORKAB selanjutnya,” ujar Asep.

Selanjutnya, Asep juga mengungkapkan suksesya eksibisi kali ini tak terlepas dari peran panitia pelaksana yang telah melakukan berbagai persiapan meski dalam waktu singkat.

Tampak para peserta lomba menembak tersebut berasal dari berbagai latar belakang dan usia, mulai dari pekerja swasta, PNS hingga pelajar baik yang tergabung dalam anggota komunitas menembak maupun perorangan. Hal ini sesuai dengan harapan ketua pelaksana kegiatan H. Ade Mulyana yaitu untuk mencari bibit-bibit baru atlet menembak Kabupaten Subang.

Gerry (tengah) kelas 6 SD menjadi juara kedua lomba menembak Silhouette yang digelar Perbakin Subang

Gerry (tengah) kelas 6 SD menjadi juara kedua lomba menembak Silhouette kelas PCP yang digelar Perbakin Subang

Juara menembak Silhouetee kelas Pompa yang diselenggarakan Perbakin Subang

Juara menembak Silhouetee kelas Pompa yang diselenggarakan Perbakin Subang

“Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, lomba menembak ini dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit atlet menembak Kabupaten Subang. Selain itu kegiatan eksibisi ini dimaksudkan untuk lebih memasyarakatkan olahraga menembak dan menyalurkan hobi menembak masyarakat Subang,” ujarnya

Selanjutnya baik panitia maupun peserta berharap, kegiatan lomba menembak ini bisa digelar setiap tahun, sehingga diharapkan akan muncul atlet-atlet menembak yang akan membanggakan Subang dikancah olahraga menembak nasional.

Lomba menembak Silhouette yang diselenggarakan Perbakin Subang kali ini merupakan lomba ke-3 yang pernah diselenggarakan Perbakin Subang. Selain tahun 2010 Perbakin Subang juga pernah menggelar lomba serupa tahun 1992 lalu.