Mengapa Subang Dipilih Untuk Pelabuhan Internasional?

KOTASUBANG.com, Subang –  Kementerian Perhubungan membenarkan pemilihan Ciasem, Subang sebagai lokasi pengganti Cilamaya untuk pembangunan pelabuhan Internasional baru. Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla juga telah mengungkapkan dipilihnya Subang sebagai lokasi pelabuhan yang baru tersebut.
“Tadi kita sudah sampaikan kita pindahkan dari Karawang ke Subang,” kata JK usai bertemu dengan Ketua Keidanren Sadayuki Sakakibara di Istana Wapres, Jalan Kebon Sirih, Jakpus, Rabu (8/4/2015).
Menurut Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R. Mamahit, Subang telah sesuai dengan hasil studi sebelumnya dan paling lama 2 tahun lagi studi tersebut segera dilengkapai.
“Subang tidak terlalu jauh dari pusat industri di Karawang, justru sesuai dengan perkembangan daerah industri Jawa Barat yang tumbuh ke arah timur,” katanya.
Menurutnya, sebenarnya wilayah Ciasem Subang memiliki masalah sama yakni area perairannya terdapat kendala sektor migas. Namun, kendala migas di Ciasem masih dalam tahap yang masih dapat diterima. Sementara kendala lainnya adalah regulasi Kemenhut, RTRW Kabupaten dan Propinsi menjadi kendala yang tidak sesuai untuk pembangunan pelabuhan.
pondok bali subang 2
“Semuanya sama. Tapi tidak mengganggu kegiatan migas,” tegas Bobby saat ditanya keunggulan Subang secara lokasi dan teknik.
Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat ditanya mengenai pemilihan lokasi, ia mengungkapkan bahwa Pelabuhan di Subang sebagai cover perkembangan ekonomi untuk Karawang dan Bekasi selain di Pelabuhan Cirebon yang juga sedang dalam proses pembangunan.
“Kita lihat nanti, kalau pelabuhan Cirebon ternyata menampung perkembangan ekonomi di kawasan Cirebon dan sekitarnya serta Jawa Timur bagian barat. Kemudian Karawang dan Bekasi belum tercover, ya Subang masih relevan,” terangnya.
Sebelumnya, Jusuf Kalla menjelaskan di Subang akses jalan ke Pelabuhan akan diintegrasikan dengan Tol Cikapali.
“Di Subang tinggal menyambung jalan tol Cikapali jadi lebih bagus,” ujarnya.