Pemecahan Rekor MURI Untuk Hormati Pencipta Toleat

KOTASUBANG.com, Subang – Puncak acara HUT Kabupaten Subang kali ini akan berbeda dari biasanya. Dua buah rekor MURI akan dipecahkan tepat pada hari jadi Subang tersebut yaitu rekor MURI makan nanas terbanyak dan meniup Toleat terbanyak. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk acara pemecahan rekor ini.
Menuju acara tersebut panitia penyelenggara pemecahan rekor MURI Toleat tengah berupaya menghadirkan keluarga almarhum Mang Parman, tokoh pencipta alat musik Toleat yang kini menjadi kebanggaan Subang.

“Keluarga pencipta alat musik Toleat almarhum Mang Parman kita upayakan hadir dalam acara puncak pemecahan rekor MURI nanti, hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada seniman yang telah berjasa tersebut,” ujar Yatin, S.Pd Kabid Budaya Disbudparpora Subang.

Sebelumnya Yatin juga telah mengunjungi tokoh yang juga telah berjasa pada alat musik ini, yaitu Odo Wikanda yang merupakan penilik kebudayaan yang pertama kali mengangkat alat musik tradisional ini dan memperkenalkannya kepada khalayak.

“Pak Odo adalah penilik kebudayaan pada masa pemerintahan Bupati Oman Syahroni. Beliau inilah yang pertama kali mengenalkan kepada Bupati saat itu yang kemudian menjadi dikenal khalayak ramai,” kata Yatin.
Menurut Yatin acara kunjungan kepada pak Odo ini selain sebagai silaturahim, sekaligus mengundang tokoh yang telah berjasa pada kebudayaan Subang ini untuk turut hadir dalam pemecahan rekor MURI Toleat.

Kabid Budaya Disbudparpora Kabupaten Subang, Yatin, S.Pd kunjungi Odo Wikanda, tokoh yang telah berjasa mengenalkan alat musik Toleat kepada khalayak

Kabid Budaya Disbudparpora Kabupaten Subang, Yatin, S.Pd kunjungi Odo Wikanda, tokoh yang telah berjasa mengenalkan alat musik Toleat kepada khalayak

“Alat musiknya kita banggakan, masa tokoh-tokoh yang telah berjasa kita lupakan, kan tidak elok. Maka nya kita bersilaturahim kepada beliau,” katanya.

Sementara itu Pak Odo Wikanda juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kabid Kebudayaan yang mewakili Pemkab Subang ini.

“Terima kasih sudah berkunjung dan mengundang kami. Turut bangga kini Toleat telah semakin di kenal,” ujarnya.

“Terima kasih juga sudah mengangkat Toleat. Semoga dengan acara seperti ini kesenian Subang semakin dikenal masyarakat luas.” tambahnya.

Sebelumnya Bupati Ojang Sohandi juga mengungkapkan acara pemecahan Rekor MURI Toleat ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pencipta alat musik ini.

“Pemecahan rekor MURI ini dilaksanakan untuk menghormati pencipta alat musik ini. Putra Subang yang telah berjasa pada budaya Subang,” ungkapnya.