Pelabuhan Cilamaya Dibatalkan, Subang Siap Gantikan

KOTASUBANG.com, Pantura – Wakil Presiden Jusuf Kalla akhirnya membatalkan rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Karawang, Jawa Barat. Keputusan tersebut diambil RI 2 setelah meninjau lokasi rencana pembangunan pelabuhan bersama para menteri terkait.

Menurut pria yang kerap disapa Pak JK tersebut, di perairan dekat Karawang penuh dengan fasilitas produksi dan pengolahan minyak dan gas (migas). Salah satunya adalah wilayah kerja Pertamina Offshore North West Java (ONWJ) milik PT Pertamina (Persero). JK menyebut di lokasi itu sudah ada rig, anjungan, pipa, dan fasilitas migas lainnya yang sudah beroperasi.

“Kita mencari wilayah yang lebih aman dari pada Cilamaya, oleh karena itu diputuskan bergeser ke Timur. Pokoknya yang aman, yang di depannya tidak ada rig-rig migas, yang bisa dibangun koridor bebas sepanjang 10 kilometer. Pilihannya antara Subang dan Indramayu,” kata JK.

Pantai Patimban

Pantai Patimban

Menanggapi hal ini, Bupati Subang Ojang Sohandi mengatakan, Kabupaten Subang sangat siap jika pelabuhan tersebut akan dibangun di Subang, apalagi saat ini juga proses pembangunan pelabuhan di Patimban tengah berjalan.

“Kita sangat siap jika kemudian pembangunan pelabuhan internasional itu dialihkan ke Subang. Tinggal dikembangkan saja pelabuhan batu bara yang saat ini tengah dibangun di Patimban,” ujarnya kepada wartawan disela-sela pawai alegoris (2/5/2015)

“Apalagi akses jalan sudah disiapkan sepanjang 8 km lebar untuk menuju ke Pelabuhan dari jalur pantura,” tambahnya.

Mengenai akses jalan ini wakil presiden mengungkapkan pembangunan pelabuhan di Subang akan lebih mudah karena bisa disambungkan dengan jalur tol Cikapali.(CNN/kotasubang.com)