Pemecahan Rekor MURI 1250 Toleat, Ajang Promosi Wisata Subang

Reprter RCTI tengah belajar meniup Toleat Subang kepada Wa Amar seniman Toleat

KOTASUBANG.com, Subang – Berbagai persiapan tengah dilakukan menuju puncak peringatan HUT Kabupaten Subang ke-67 tahun ini. 2 Rekor MURI pun telah siap dipecahkan tepat pada hari jadi Kabupaten Subang 5 April mendatang.

Lebih dari 1250 siswa telah disiapkan untuk pemecahan rekor MURI Toleat yang merupakan alat musik khas Subang tersebut. Para siswa yang tengah berlatih Toleat tersebut berasal dari berbagai sekolah yang ada di Subang diantaranya, SMPN 1,2,3,4,5, 6, SMAN 1,2,3, SMKN 1, 2 dan SMK PGRI Subang.

Menurut Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang, Yatin, S.Pd, tujuan digelarnya pemecahan rekor MURI ini untuk memberikan kesan mendalam bagi seluruh masyarakat Subang dan memberi citra positif terhadap kebudayaan Subang sebagai ajang promosi Kabupaten Subang di kancah pariwisata Indonesia.

Reprter RCTI tengah belajar meniup Toleat Subang kepada Wa Amar seniman Toleat
Reprter RCTI tengah belajar meniup Toleat Subang kepada Wa Amar seniman Toleat dalam liputan Toleat bersama Sobat Budaya Subang

“Toleat merupakan salah satu produk seni unggulan di kabupaten Subang, yang diciptakan oleh masyarakat Subang, dalam hal ini mang Parman orang Sukamandi. Upaya pemecahan rekor MURI ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah kabupaten Subang dalam melestarikan dan memperkenalkan alat musik khas ini,” kata Yatin kepada KOTASUBANG.com.

“Kesempatan ini juga merupakan wahana publikasi Toleat sehingga bisa dinikmati masyarakat Subang dan dunia. Ini akan memberi pengetahuan kepada masyarakat luas bahwa alat musik ini cukup fleksibel dan bisa dimainkan dalam berbagai jenis genre musik, termasuk jazz sekalipun,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Ojang mengungkapkan, pemecahan rekor MURI Toleat ini juga merupakan bentuk penghormatan kepada pencipta alat musik ini.

“Agar diketahui oleh semua orang bahwa alat musik ini diciptakan oleh putra Subang dan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi beliau, “ungkapnya.

Menururt Yatin, selain rekor MURI bermain Toleat, tepat pada peringatan HUT Kabupaten Subang ini juga akan dipecahkan rekor makan nanas 10.000 pemakan nanas secara bersamaan.  Pemecahan rekor MURI memakan nanas ini kan dilakukan pagi hari setelah upacara hari jadi Kabupaten Subang, sementara pemecahan rekor MURI Toleat akan dilakukan pada malam hari bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten Subang (PORKAB).

Berita Terkait: