GPL Subang Ajak Wujudkan Subang Bersih Dengan GANAS

KOTASUBANG.com, Subang – Miris dengan kondisi lingkungan dan kesadaran warga Subang yang masih rendah dalam hal menjaga lingkungan, sekelompok anak muda berinisiatif membentuk Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Subang. Berbagai kegiatan telah mereka lakukan, salah satunya yang digelar hari ini, Minggu (22/2/1014) yaitu Gerakan Nyandak Sampah (pungut sampah) atau yang mereka akronimkan menjadi GANAS. Gerakan Nyandak Sampah (GANAS) hari ini dipusatkan di area Car Free Day, jalan Mayjen Sutoyo, Subang.

“GANAS ini sebenarnya merupakan agenda rutin kami yang diselenggarakan seminggu sekali, untuk acara hari ini sengaja kami adakan melibatkan lebih banyak pihak, termasuk dukungan dari BLH Kabupaten Subang. Ini bertepatan dengan hariĀ  peduli sampah nasional yang jatuh 21 Februari kemarin,” kata Sansan Juliansyah, Ketua GPL Subang kepada KOTASUBANG.com.

Gerakan Nyandak Sampah GPL Subang

Gerakan Nyandak Sampah GPL Subang

Agar lebih menarik, pada acara GANAS di area CFD ini juga diadakan games, yaitu GAMES GANAS yang merupakan akronim dari Gerakan Memilah Sampah dari hasil Gerakan Nyandak Sampah.

“Misalkan dari hasil pungut sampah ada botol bekas air mineral, nah mereka kita tantang untuk memasukkan botol tersebut ke dalam ring basket, yang berhasil masuk kita kasih hadiah langsung di sana. Ini kan sebenarnya secara tidak langsung memilah sampah, tapi jadi lebih menarik,” ujar Sansan.

Selain itu diadakan juga lomba GANAS selfi, yaitu lomba foto selfie ketika para peserta memungut sampah di jalanan.

GANAS ini menurut Sansan didedikasikan untuk menuju Subang bersih 2020. Ia berharap program GANAS ini diterapkan di berbagai institusi termasuk di sekolah, PNS dan di masyarakat umum.

Sementara itu, Ketua Badan Lingkuhan Hidup (BLH) kabupaten Subang, Aminudin, M.Si yang juga hadir dalam acara hari ini menungkapkan dukungannya atas apa yang dilakukan GPL.

Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Sabang

Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Sabang

“Saya sangat mendukung aksi-aksi yang diselenggarakan GPL, karena ini akan membawa perubahan nyata jika kita melakukannya setiap hari,” kata Aminudin.

“Menjaga lingkungan hidup tidak cukup satu hari, tapi harus dilakukan setiap hari dan kesadaran adalah point terpenting yang harus dimiliki, termasuk kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tambahnya.

Acara GANAS kali ini selain dilakukan oleh anggota GPL juga didukung oleh komunitas lain, diantaranya Komunitas pencinta reptil, XTC Subang, SMPN 2 Dawuan, SDN Hegarmanah dan MTSN Aliyah Subang.

“Ke depan semoga lebih banyak pihak yang terlibat dan makin banyak pihak yang melakukan GANAS di tempatnya masih-masing. Tak lupa saya ucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program GPL,” pungkas Sansan.

Twitter : @GPLsubang