Rayakan HUT Ke-42 K-SPSI Subang Potong Tumpeng

Ketua DPC K-SPSI Subang, Kadisnakertrans SUbang dan Perwakilan Apindo potong kue Ulang Tahun SPSI bersama

KOTASUBANG.com, Subang –  Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) hari ini, 20 Februari 2015 genap berusia 42 tahun. Hari jadi serikat buruh tertua di Indonesia itu diperingati serentak di seluruh Indonesia termasuk di Subang. Syukuran peringatan hari jadi SPSI di Subang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun bertempat di gedung Dekopindag, Jalan Palabuan, Jumat (20/2/2015).

Turut hadir dalam acara tersebut ketua DPRD Ir. Beni Rudiono, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Subang, perwakilan dari DPD SPSI Jawa Barat dan perwakilan dari Apindo. Dalam sambutannya ketua DPC SPSI Kabupaten Subang, Warlan, mengungkapkan di usianya yang semakin matang SPSI akan selalu menjadi yang terdepan dalam memperjuangkan kesejahteraan buruh di Kabupaten Subang.

“Semoga SPSI bisa terus bersinergi dan berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Subang,” ujarnya.

Potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Kadisnakertrans Subang
Potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Kadisnakertrans Subang

Sementara itu Perwakilan dari DPD SPSI Jawa Barat, Roy Jinto, SH berharap dalam usianya yang semakin dewasa perjungan SPSI harus sesuai dengan mottonya yaitu berjuang dengan cerdas.

“Kita memiliki konsep dan strategi dalam memperjuangkan hak-hak buruh yaitu dengan surat, lobi dalam hal ini musyawarah dan aksi ke jalan harus menjadi jalan yang terakhir,” ungkapnya.

Wakil dari SPSI jabar ini pun menyoroti diliriknya Subang sebagai daerah tujuan investasi favorit terutama setelah selesainya pembangunan ruas tol Cipali. Menurutnya, diliriknya Subang sebagai daerah investasi ini tidak boleh mengorbankan buruh dengan upah murah.

“Stakeholder perburuhan harus memikirkan hal ini,sehingga buruh sejahtera. Buruh juga akan bekerja dengan baik dan jangan bolos jika haknya sudah terpenuhi dan pemerintah juga akan berwibawa jika hukum benar ditegakkan,” papar Roy.

Ketua SPSI serahkan potongan kue ulang tahun SPSI ke-42
Ketua SPSI serahkan potongan kue ulang tahun SPSI ke-42
Ketua DPC K-SPSI Subang, Kadisnakertrans SUbang dan Perwakilan Apindo potong kue Ulang Tahun SPSI bersama
Ketua DPC K-SPSI Subang, Kadisnakertrans SUbang dan Perwakilan Apindo potong kue Ulang Tahun SPSI bersama

Ia juga menambahkan, SPSI harus bisa menjaga komunikasi yang baik agar dapat menyelesaikan permasalahan buruh dengan mengutamakan musyawarah, tidak hanya dengan aksi mogok atau demo.

“Dan pastinya tidak akan ada demo kalau hak buruh terpenuhi,” lanjutnya.

Ketua DPRD Ir. Beni Rudiono dalam sambutannya berharap SPSI bisa bermitra baik dengan pemerintah, pengusaha, aparat maupun masyarakat.

“Tentunya kita berharap perusahaan maju dan pekerjanya sejahtera. Saya juga yakin kalau haknya terpenuhi tidak akan ada aksi demo,” katanya.

“Kalau ada masalah, sebelum turun ke jalan saya juga berharap SPSI lebih mengutamakan musyawarah terlebih dahulu, ruangan saya selalu terbuka untuk itu,” jelas Beni.

Sementara itu mewakili Pemerintah Daerah Subang, Kadisnakertrans, Kusman Yuhana   mengungkapkan kehadiran SPSI sangat membantu kinerja pemerintah daerah dalam hal penegakan aturan ketenagakerjaan.

“Bayangkan saja saat ini ada 598 perusahaan dengan 84.148 karyawan di Kabupaten Subang, kami menyadari tanpa dukungan SPSI kami tidak akan bisa mengakomodir aturan ketenagakerjaan dengan baik,” ujarnya.

“Kedepan semoga SPSI tetap menjadi mitra yang baik dalam meyelesaikan berbagai permasalahan dalam hal ketenagakerjaan dan memperjuangkan hak buruh. Mudah-mudahan SPSI jadi contoh teladan organisasi yang maju,” pungkasnya.

Berita Terkait: