Poe Basa Indung, Ibu-ibu Antusias Ikuti Lomba Pidato

KOTASUBANG.com, Subang – Puluhan ibu-ibu dari berbagai organisasi kewanitaan di Kabupaten Subang hari ini mengikuti lomba pidato bahasa sunda di gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW), jalan Mayjend Soetoyo, Subang, Kamis (19/2/2014). Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dalam rangka memperingati hari bahasa ibu internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang, Yatin, mengungkapkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk melestarikan nilai budaya di Kabupaten Subang dikorelasikan dengan hari bahasa ibu internasional.

“Ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk melestarikan nilai budaya, kita bangkitkan lagi semangat berbahasa ibu sunda yang baik yang saat ini mulai tergeser dengan budaya luar yang merambah seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Yatin kepada KOTASUBANG.com.

IMG_20150219_111002
Pamilon pasanggiri pidato basa sunda (19/2/2014)

Jpeg
Pasanggiri biantara basa indung

Yatin berharap setelah mengikuti berbagai perlombaan ini, para peserta dapat mensosialisasikan lagi penggunaaan bahasa sunda secara alami dilingkungannya masing-masing dimulai dari lingkungan keluarganya sehingga tumbuh kecintaan menjadi orang sunda.

“Saya juga berharap kemudian bukan bahasanya nya saja yang nyunda, akan tetapi perilaku nyunda juga harus jadi jati dirinya,” tambah Yatin.

Selain lomba pidato, peringatan hari bahasa ibu ini juga dimeriahkan dengan lomba rampak sekar (paduan suara) antar organaisasi kewanitaan perwakilan dari beberapak kecamatan yang ada di Kabuputen Subang.

“Puncak acara akan diselenggarakan tanggal 21 bersamaan dengan hari basa indung. Di sana akan diumumkan para pemenang berbagai perlombaan ini,” pungkas Yatin.

Berita Terkait: