Inikah Pusara Hofland Sang “Pemilik” Subang Masa Lalu itu?

KOTASUBANG.com, Subang (17/2/2015) – Bila memasuki kota Subang melalui jalan MT Haryono, pastilah kita akan melewati dua pemakaman yang berhadapan, yaitu makam Dungus Wiru dan pemakaman Kristen Kerkoff tepat diseberangnya. Kedua pemakaman yang berhadapan ini ternyata sudah ada sejak Subang dikuasai P n T Land, hal itu bisa dilihat pada peta Pamanoekan n Tjiasem Landen (Subang) tahun 1900-an.

Kerkoff sendiri sebenarnya berasal dari bahasa belanda Kerkhof, yang artinya pemakaman. Di sinilah para gegeden Belanda tersebut dimakamkan. Sebuah nisan bertulis nama George Hermanus yang meninggal tahun 1866 masih berdiri kokoh di sana. Dialah anak pertama Peter William Hofland, sang pemilik Pamanoekan and Tjiasem Landen yang menghantarkan perusahaan perkebunan ini ke puncak kejayaannya.

Gerbang pemakaman Kerkoff di jalan MT Haryono Subang

Gerbang pemakaman Kerkoff di jalan MT Haryono Subang

Tugu di tengah pemakaman Kerkoff, Sukamaju. Dahuku ada 3 patung di atas tugu tersebut.

Tugu di tengah pemakaman Kerkoff, Sukamaju. Dahulu ada 3 patung di atas tugu tersebut.

Tepat di depan makam anak pertamanya, berdiri sebuah tugu setinggi 5 meter yang dipersembahkan khusus untuk PW Hofland.  Ornamen khas eropa menghiasi berbagai sudut tugu yang terbuat dari batu tersebut.  Puncak tugu itu hanya berupa bidang datar, seperti ada bagian hilang yang seharusnya menempati bidang datar kosong itu. Ternyata, dahulu di puncak tugu tersebut terdapat patung Hofland dan 2 buah patung lainnya pada posisinya lebih rendah.

Berdasarkan penelusuran KOTASUBANG.com, di bawah patung Hofland terukir tulisan dalam bahasa Belanda yang bertuliskan “Peter William Hofland, Pemilik tanah Pamanoekan en Tjiasem Landen, lahir di Jaggarnaikpoeram, Madras pada 7 September 1802, meninggal di Subang pada 4 Februari 1872”. Melihat tulisan pada prasasti tersebut sangat mungkin bahwa tugu tersebut sebenarnya adalah nisan PW Hofland. Hal ini dikuatkan dengan sebuah artikel dari Centrale Bibliotheek Amsterdam yang berisi tentang sejarah singkat P n T Land dan Hofland. Dalam artikel tersebut diterangkan bahwa sebagai penghargaan atas kerja kerasnya, sebuah patung didirikan di atas makam Hofland yang kemudian pada tahun 1925 patung tersebut dipindahkan ke halaman Club/ Societeit atau yang sekarang dikenal dengan Wisma Karya.

Tugu sekitar tahun 1990-an ketika masih utuh dengan 3 patung diatasnya, termasuk patung Hofland di puncak tugu.

Tugu sekitar tahun 1990-an ketika masih utuh dengan 3 patung diatasnya, termasuk patung Hofland di puncak tugu.

hofland grave 1

Patung tersebut kemudian ditempatkan kembali ke makam Kerkhof hingga pada sekitar tahun 2000-an patung Hofland dan 2 patung lainnya dicuri dari komplek pemakaman ini. Patung Hofland dan satu patung lainnya, yaitu patung wanita berkerudung berhasil ditemukan kembali. Namun sayang 1 patung lagi tidak bisa ditemukan hingga saat ini. Demi keamanan, patung Hofland dan patung wanita berkerudung yang sempat dicuri itu kini ditempatkan di dalam museum Wisma Karya.

Benarkah tugu tersebut merupakan penanda makam Hofland ?

Dibalik tugu tersebut terdapat tangga yang menuju ruang bawah tanah yang berada tepat di bawah tugu. Ternyata di dalam ruang bawah tanah ini hanya berupa beberapa ruangan kosong saja. Hingga saat ini belum ditemukan keterangan lainnya di dalam ruangan tersebut yang menerangkan lokasi tempat peristirahatan terakhir Hofland.

Kini kondisi tugu yang merupakan salah satu heritage Subang itu terbengkalai. Bekas tangan-tangan jahil terlihat disana-sini. Coretan vandal tampak memenuhi dindingnya, beberapa sudut tugu mulai terbelah karena dirusak dan pagar pembatas tugu yang terbuat dari besi sudah hilang dicuri.

Kondisi tugu saat ini, rusak karena aksi vandalisme

Kondisi tugu saat ini, rusak karena aksi vandalisme

Menurut penjaga makam, dahulu di pemakaman Kerkoff ini ada sekitar 200 makam Belanda dan orang asing lainnya. Namun saat ini hanya tinggal beberapa saja yang masih dikenali. Kini sebagian komplek pemakaman Belanda ini malah dijadikan kebun jagung dan singkong. Beberapa nisan Belanda masih dapat dilihat diantara perkebunan jagung dan singkong tersebut.

Jika hal ini terus dibiarkan, lambat laun Subang tak akan lagi memiliki bangunan heritage yang seharusnya menjadi ciri khasnya. Butuh kepedulian dari semua pihak untuk memelihara peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Subang, terutama kebijakan dari pemerintah daerah. (baca juga : Bangunan Heritage di Subang Dibiarkan Terbengkalai)

  • Ergun

    miris, pemkab tidak memperhatikan sejarah subang masa lalu, diantaranya salah satunya komplek pemakaman ini

  • Ato

    Perkenalkan nama saya Agus biasa dipanggi ato semasa kecilnya, saya lahir disubang dan sekarang tinggal diriau, menurut saya Kota Subang sendiri merupakan bagian dasar laut karena mengapa kebanyakan daerah nya menggunakan kata tanjung yang sebenarnya nama tanjung diberikan kepada lingkungan dasaran laut, oia saya seaaktu kecil sangat sering bermain menjelajah daerah tepi perkotaan subang, sampai mandi berenang di aliran sungai Cileuleuy kearah hulu dan dinamakan kalau tak salah ada curug bangkong dan waker disana saya melihat ada semacam tulisan kuno di tepi bebatuannya, ingatan saya masih ingat sampai sekarang semacam simbol prasasti tapi bentuknya kecil kira2 sekitar 20cm an, saya berenang dicurug katelnya kata penduduk disana samar2 dikedalaman dasar saya seperti melihat bangkai motor belanda yang ada boncengan disisi motornya kayak bentor di medan bentuknya. saran saya semoga pihal kepurbakalaan dan sejarah kota subang dapat meneliti lebih jauh lagi kedaerah itu daerah sekitaran aliran sungai cileuleuy. Terimakasih

  • nurushubahir

    Saya orang subang asli , miris melihat haritage kota subang , berbeda saat saya tinggal di jawa tepatnya di daerah jepara , di jepara heritagenya sangat di perhatikan , di rawat dan di lindungi oleh undang-undang , saya kira tidak ada salahnya bangunan heritage di subang kita lindungi dan di rawat agar menjadi tempat education bagi anak anak subang

    Terimakasih
    History is biggers than story