Wabup Subang Ditemani Lurah Cigadung Meninjau Lokasi Bencana Air Bah

KOTASUBANG.com, Subang – Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih ditemani Lurah Cigadung Yuli Merdekawati meninjau lokasi bencana air bah di Blok Kartadara Selatan, Kelurahan Cigadung Subang Jumat sore (30/1/2015). Di mulai dari posko bantuan di sanggar Ringkang Nonoman yang juga terkena imbas air bah, Lurah Yuli menemani wakil Bupati meninjau beberapa lokasi terparah yang terkena banjir bandang sungai Cibarengkok/ Cigadung yang menerjang kemarin sore (29/1/2015).

Wakil Bupati Imas Aryumningsih menunjukkan keheranananya melihat dampak banjir bandang yang menimpa wilayah kota Subang ini. Menurut sepengetahuannya baru kali ini terjadi air bah di wilayah Subang kota.

“Kemungkinan ini disebabkan oleh curah hujan yg sangat tinggi sementara kondisi hutan di Ranggawulung yang menjadi hulu sungai Cibarengkok ini tidak mampu untuk menahan air hujan yg meluncur deras bu,” jelas Yuli Merdekawati kepada Wakil Bupati.

Wabup Imas Aryumningsih meninjau Posko Bantuan dan Kerusakan Akibat Air Bah di Sanggar Ringkang Nonoman, Cigadung (30/1/2015)

Wabup Imas Aryumningsih ditemani Lurah Cigadung Yuli Merdekawati meninjau Posko Bantuan dan Kerusakan Akibat Air Bah di Sanggar Ringkang Nonoman, Cigadung (30/1/2015)

Lurah Cigadung kemudian membawa Wakil Bupati berkeliling melihat warga masyarakatnya yang menjadi korban termasuk meninjau rumah warga yang tergerus air bah.

Di lokasi rumah warga yang rusak akibat air bah, Wabup Imas Arumningsih secara pribadi memberikan bantuan kepada warga Cigadung. Ia juga mengintruksikan kepada Lurah Cigadung untuk segera mengajukan permohonan perbaikan rumah warganya kepada Pemkab.

“Sabar ya Pak, Bu, harus tabah menerima cobaan ini,” ujar Wabup dihadapan warga Cigadung yang menjadi korban.

Terkait bencana ini, Wabup mengungkapkan harus benar-benar dicari penyebab air bah ini sehingga tidak terjadi kembali di kemudian hari. Ia juga mengaku pihaknya sudah mengajukan pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kepada DPRD terkait berbagai bencana yang sering melanda Subang.

“Namun, meskipun belum ada BPBD saat ini kita sudah siap Koordinator Pelaksana (Korlak) penanganan bencana. Dari semalam juga melalui Distarkimsih sudah menyediakan karung-karung goni penahan arus. Kemudian pengungsian juga sudah disiapkan, makanan untuk korban juga sudah ada dari Dinsos. Kalau ada kekurangan bu Lurah tinggal lapor saja,” ujar Wabup.

Wabup Imas ditemani Lurah Yuli meninjau rumah warga yang tergerus air bah di Cigadung (30/1/2014)

Wabup Imas ditemani Lurah Yuli meninjau rumah warga yang tergerus air bah di Cigadung (30/1/2014)

“Nah, untuk buku-buku atau seragam anak sekolah dan sandang lainnya bagi korban banjir yang kemarin terendam, masyarakat juga dihimbau untuk bisa turut membantu, pemerintah juga tentunya pasti akan bantu,” tambah Imas.

Sedangkan untuk surat-surat penting seperti ijazah, KTP dan surat penting lainnya, Wabup menginstrusikan Lurah Cigadung untuk mendata dan mengurusnya kepada Dinas terkait agar warga bisa meperolehnya kembali secara gratis.