Anggota DPR RI Siap Kenalkan Batik Purba Subang Kepada Pejabat Negara

Foto bersama anggota DPR RI Linda Megawti beserta Kadisbudparpora dan staf museum

KOTASUBANG.com, Subang – Wacana pengembangan motif batik dari artefak purba yang tengah bergulir di Subang, ternyata terus dipantau pula oleh anggota DPR RI Dapil IX Linda Megawati. Wakil Rakyat asal Subang ini menyambut baik tindak lanjut yang tengah dilakukan oleh Disbudparpora Subang yang tengah berupaya mewujudkan batik yang dinamai batik purba ini.

“Sekali lagi saya siap menjadi duta batik Subang dan memperkenalkan batik purba ini nantinya. Ini adalah salah satu identitas Subang yang harus disosialisasikan, saya siap menggunakannya di acara-acara kenegaraan dan mengenalkannya kepada rekan-rekan di DPR ataupun para pejabat di pusat, termasuk mengenalkan sejarah dibalik batik itu,” ujarnya.

Linda juga mengungkapkan selain akan membantu mensosialisasikan, ia juga akan berupaya membantu hal-hal yang terkait dengan batik ini termasuk soal paten dan upaya memasukkan temuan artefak bejana perunggu ke dalam buku sejarah nasional.

Foto bersama anggota DPR RI Linda Megawti beserta Kadisbudparpora dan staf museum
Foto bersama anggota DPR RI Linda Megawti beserta Kadisbudparpora dan staf museum

Seperti diketahui, saat ini dalam buku sejarah nasional hanya tercantum daerah Kerinci dan Madura sebagai tempat penemuan bejana perunggu dari zaman perundagian. Padahal peninggalan zaman perunggu terbesar di Indonesia adalah bejana perunggu yang ditemukan di Subang.

“Saya akan berupaya menghubungi berbagai pihak agar pada tahap revisi buku-buku sejarah nasional, penemuan bejana perunggu di Subang ini juga harus dimasukkan ke dalam buku sejarah,” ungkapnya.

Demikian pula dengan masalah paten motif batik purba, Linda juga akan berupaya membantu pengurusannya di pusat jika diperlukan.

 

Berita Terkait: