Bupati Subang Gerah Gandrung Batu Akik Ganggu Kinerja PNS

KOTASUBANG.com, Subang РSejak tahun 2014 lalu Indonesia dilanda demam batu akik, dari mulai kota besar hingga pelosok daerah kaum pria tengah gandrung dengan yang namanya batu akik. Demikian pula halnya dengan di Subang dari mulai anak muda hingga para orang tua, dari mulai masyarakat biasa hingga pejabat semua tengah dilanda demam batu akik atau di Subang dikenal dengan batu ali. Rupa-rupa  alasan mereka memakai batu akik. Mulai dari hanya sebagai hiasan hingga yang percaya hal-hal yang di luar nalar. Ada saja yang percaya batu anu bisa buat anu atau batu anu bisa buat apa.

Demam batu akik ini rupanya melanda kalangan pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab Subang. Hal ini membuat gerah bupati Ojang karena berdasarkan pantauannya kadang mereka berdiskusi batu ali “melebihi diskusi” tentang pekerjaan.

Batu Akik (batumulia.id)

Batu Akik (batumulia.id)

“Memang sekarang sedang ramai dan gandrung dengan batu akik. Malahan sering kali di kantor-kantor berkumpul mereka berdiskusi, tetapi yang dibahas bukan masalah kerjaan tapi malah diskusi batu ali,” kata Ojang saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Mesjid Agung Subang, Rabu (21/1/2015).

“Mengerjakan semua program Gapura (Gerakan Pembangunan Rakyat) jauh lebih penting daripada mendiskusikan soal batu akik,” lanjut Ojang.

Ia berharap kegandrungan PNS dan masyarakat terhadap batu akik tersebut tidak menjadi penanda buruk buat sebuah keadaan. Sebab booming juga pernah terjadi ketika ramai-ramai uang logam dibuat menjadi cincin. Tak lama setelah itu, terjadi krisis moneter.

“Mudah-mudahan demam batu akik kali ini cuma hobi, tak ada kaitan dengan perilaku pemiliknya maupun tidak ada kaitan dengan kejadian di masa depan, termasuk hati pemiliknya tak seperti batu akik,” ujarnya.