Disbudparpora Subang Tindaklanjuti Instruksi Bupati Terkait Batik Motif Purba

KOTASUBANG.com, Subang – Menanggapi instruksi dari Bupati Subang terkait pengembangan motif batik dari corak artefak purba yang diusulkan oleh berbagai komunitas, Dinas Budaya Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Subang menyatakan akan segera menindaklanjuti instruksi Bupati tersebut. Hal itu diungkapkan kepala Disbudparpora Asep Nuroni pada acara “ngadabrul” lanjutan bersama komunitas yang diselenggarakan di aula Disbudparpora, Rabu sore (21/1/2015) atau sehari setelah instruksi Bupati terkait batik purba ini. (baca juga : Bupati Instruksikan Disbudparpora Tindaklanjuti Pengembangan Batik Purba)

Asep Nuroni mengungkapkan pengembangan batik purba ini akan menjadi salah satu prioritas untuk segera diwujudkan oleh Dinas yang dipimpinnya.

“Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk segera meng-goalkan gagasan yang diusung rekan-rekan komunitas ini. Ini adalah sejarah bagi perjalanan budaya Subang. Tidak ada alasan untuk saya untuk tidak setuju dan mewujudkannya,” ungkap Asep.

Cecep Syamsul Hudaya mewakili komunitas menyerahkan rekomendasi terkait pengembangan batik Purba kepada Disbudparpora Subang (21/1/2015)

Cecep Syamsul Hudaya mewakili komunitas menyerahkan rekomendasi terkait pengembangan batik Purba kepada Disbudparpora Subang (21/1/2015)

Hal yang sama juga diungkapkan Kabid Budaya Disbudparpora, Yatim. Ia mengungkapkan kesungguhannya untuk segera menindaklanjuti instruksi Bupati ini.

“Kami akan berupaya seoptimal mungkin untuk mendorong ini, tidak ada kata lain, kami siap menindaklanjuti. Saya juga sangat berterimakasih, ternyata ada komunitas yang mau bersama-sama dengan kami dan akan mewujudkan sebuah mahakarya,” ungkap Yatin.

Sementara itu Kasi Sejarah Nilai Tradisional Bidang Kebudayaan Disbudparpora Subang, Iim S.Sos mengungkapkan hal yang telah dilaksanakan oleh berbagai komunitas terkait usulan motif batik dan berbagai kegiatan budaya yang telah dilaksanakan merupakan hal yang sangat diharapkan oleh Disbudparpora.

“Hal yang seperti inilah yang sangat kami harapkan. Kami merasa punya mitra dalam upaya pengembangan seni budaya Subang,” kata Iim.

Sesi foto bersama setelah acara "ngadabrul" lanjutan terkait instruksi Bupati untuk pengembangan batik motif purba di Aula Disbudparpora Subang (21/1/2015)

Sesi foto bersama setelah acara “ngadabrul” lanjutan terkait instruksi Bupati untuk pengembangan batik motif purba di Aula Disbudparpora Subang (21/1/2015)

Sementara itu Staf UPTD Museum Daerah Subang Khadar Hendarsyah menggungkapan kebanggaannya dengan segera terwujudnya batik dengan motif artefak purba ini.

“Dulu corak pada artefak ini hanya kami jadikan hiasan pada banner informasi di museum, ketika sekarang akan diwujudkan menjadi motif batik, hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kami,” ujarnya.

Bejana perunggu yang corak pada permukaannya dijadikan motif batik ini merupakan koleksi utama museum daerah Subang. Artefak purba ini merupakan salah satu peninggalan zaman perunggu yang terbesar di Indonesia.