Facebooker Subang : Selamatkan Wisma Karya!!

Memanfaatkan sela-sela ruang kosong di Museum Wisma Karya, Facebooker SUbang menyimak penjelasan dari UPTD Museum Subang (18/1/2015)

KOTASUBANG.com, Subang – Hujan, tak menyurutkan semangat lebih dari seratus orang anggota Facebooker Subang (FBS) untuk bersih-bersih di areal halaman Wisma Karya, Minggu (18/1/2015). Ini bukan kali pertama komunitas ini melakukan aksi serupa, tahun lalu komunitas ini juga membersihkan coretan vandal dan pengecatan area panggung terbuka Wisma Karya. Ini semua mereka lakukan sebagai wujud kepedulian atas kondisi Wisma Karya yang jauh dari layak sebagai bangunan cagar budaya.

Tulisan-tulisan hasil tangan jahil pada tugu padi kembali mereka bersihkan, dinding panggung terbuka pada halaman Wisma Karya yang penuh coretan juga kembali di cat ulang. Demikian pula puluhan botol bekas miras berhasil diangkat dari kolam di bawah tugu padi.

Selesai aksi bersih-bersih, seluruh anggota FBS kemudian melakukan kunjungan ke museum Wisma Karya. Beberapa diantara mereka tampak sibuk menerangkan koleksi museum kepada anak-anaknya. Rupanya kegiatan ini selain digunakan para orang tua FBS untuk mengenalkan anak-anaknya kepada kegiatan sosial juga untuk mengenalkan sejarah kotanya sehingga akan timbul kecintaan terhadap daerahnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara ngadabrul mengenai sejarah Subang bersama staf museum. Dari acara dialog singkat ini terungkap harapan besar warga FBS untuk dilakukannya renovasi sekaligus revitalisasi Wisma Karya sebagai bangunan cagar budaya oleh pihak terkait.

Memanfaatkan sela-sela ruang kosong di Museum Wisma Karya, Facebooker SUbang menyimak penjelasan dari UPTD Museum Subang (18/1/2015)
Memanfaatkan sela-sela ruang kosong di Museum Wisma Karya, Facebooker SUbang menyimak penjelasan dari UPTD Museum Subang (18/1/2015)

“Harapan kami Wisma karya dijadikan museum seutuhnya dan sesungguhnya. Bukan hanya satu ruangan yang dijadikan museum, tapi seluruh gedung wisma karya dijadikan museum,” ungkap Rohadian Rahmat, salah satu admin Facebooker Subang.

Sementara itu staf UPTD Museum Yusep Wahyudin menyambut baik acara yang dilakukan FBS di Wisma Karya. Ia berharap FBS menjadi salah satu komunitas yang menjadi duta museum, dalam hal ini ikut mensosialisasikan keberadaan museum daerah Subang kepada masyarakat melalui sosial media.

“Dan mengenai rehabilitasi museum, ini juga menjadi harapan kami. Apalagi sejak diresmikan 14 Maret 2003 lalu belum ada lagi rehabilitasi. Sebenarnya kami sudah memiliki konsep untuk mengembangkan museum ini menjadi lenih representatif sebagai sarana pendidikan yang menyenangkan.” ujarnya.

“Untuk itu mari kita dorong bersama agar hal ini terwujud,” tambah Yusep.

Acara kopdar FBS di Wisma Karya ini juga diisi dengan aksi donor darah bersama PMI Subang. Dalam aksi tersebut terkumpul 33 kantong darah dari anggota FBS.

Saat ini Facebooker Subang memiliki anggota lebih dari 35.000 orang. Anggotanya selain warga yang menetap di Kabupaten Subang, juga merupakan warga Subang yang tengah bekerja di luar daerah bahkan di mancanegara.

Berita Terkait: