Tangkuban Parahu Bergolak, Jauhi Radius 1.5 KM

KOTASUBANG.com, Subang – Ditengah serbuan wisatawan pada masa liburan akhir tahun, status gunung Tangkuban Parahu, Subang terhitung mulai Rabu 31 Desember 2014 pukul 15.00 WIB, dinaikkan dari normal ke waspada (level II).

Melalui website resmi PVMBG dijelaskan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu menunjukkan perubahan baik secara kegempaan, deformasi maupun visual, namun perubahan cukup signifikan terutama berdasarkan hasil pengamatan kegempaan.

“Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan, deformasi dan visual sekitar kawah serta analisis data maka tingkat aktivitas Gunung Tangkubanparahu terhitung tanggal 31 Desember 2014 pukul 15.00 WIB dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (Level II),” berdasarkan keterangan PVMBG melalui situs www.vsi.esdm.go.id, Rabu (31/12/2014).

subang-tangkuban-parahu-meletus
PVMBG mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Tangkuban Perahu baik itu wisatawan, warga, pedagang untuk tidak mendekati kawah yang ada dipuncak dalam radius 1,5 Kilometer.

Selain itu, PVMBG pun meminta agar masyarakat tenang terkait peningkatan status ini dan tidak terpancing dengan isu-isu letusan. Karena PVMBG akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sementara itu meskipun status Gunung Tangkuban Parahu naik, lokasi wisata di daerah sekitar Tangkuban Parahu seperti di Ciater dan Sagalaherang masih aman dikunjungi.