Pantai Wisata Cirewang Butuh Perhatian Pemerintah

Warga sekitr menyediakan jasa penyewan ban di pantai Cirewang

KOTASUBANG.com, Legon Kulon – Potensi wisata di pantai utara Subang masih bisa dikembangkan. Salah satunya pantai Cirewang yang berlokasi di Kampung Cirewang, Desa Pangarengan, Kecamatan Legon Kulon.

Lokasi wisata yang berjarak sekitar 13 Km dari jalan utama pantura ini memiliki keunikan tersendiri. Untuk menuju pantai Cirewang atau yang juga di kenal dengan pantai panjang Cipta Semalam pengunjung harus menaiki perahu nelayan selama 15 menit melewati sungai di tengah hutan mangrove. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Harga jasa perahu nelayan tersebut dari mulai tempat parkir di kampung Cirewang sampai ke pantai Cipta Semalam sebesar Rp. 15.000,- per orang antar jemput.

“Hal ini akan menambah penghasilan para nelayan sini,” kata Suta Jaya, perintis sekaligus pengelola objek wisata tersebut.

Suta JAya, perintis dan pengelola wisata Pantai Cirewang
Suta Jaya, perintis dan pengelola wisata Pantai Cirewang

Selain keunikan hutan mangrove tadi menurut Suta Jaya, keunikan lainnya adalah pantainya yang terdiri dari dua sisi. Sisi utara langsung menghadap ke laut Jawa, sedangkan sisi lainnya menghadap teluk Si Daon sehingga ombaknya lebih tenang sehingga aman untuk bermain anak-anak. Di sisi lain pantai terdapat rimbunan pohon mangrove yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh dan berkumpul sambil menggelar tikar.

Namun sayang sejak dibuka Juni 2013 lalu, Cirewang belum mendapat lagi sentuhan pemerintah. Akses jalan menuju pantai ini 60% rusak parah.

“Libur lebaran tahun 2013 lalu pengunjungnya mencapai 6000 orang, namun karena akses jalan makin parah sekarang pengunjung semakin menurun,” ujar Suta Jaya kepada KOTASUBANG.com.

“Tapi Pak Bupati sudah menyampaikan tahun 2015 jalan menuju ke sini akan diperbaiki, Insya Alloh selesai katanya. Saya berharap lokasi wisata yang sekarang lagi dirintis ini diperhatikan khusus oleh pemerintah, potensinya besar,” lanjutnya.

Warga sekitr menyediakan jasa penyewan ban di pantai Cirewang
Warga sekitr menyediakan jasa penyewan ban di pantai Cirewang

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Pangarengan Atifah Noorlela, ia berharap perhatian pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur menuju kampung Cirewang.

“Saya berharap pemerintah segera memperbaiki infrastruktur di daerah ini, ini akan membuat perekonomian di Cirewang menggeliat,” katanya.

Indra, salah seorang pengunjung pantai Cirewang mengaku baru mengetahui ternyata Subang masih memiliki pantai landai yang bisa dipakai berenang atau bermain bersama keluarga.

Hutan mangrove pantai Cirewang
Hutan mangrove pantai Cirewang

“Pantai Pondok Bali kan abrasinya sudah parah, pantainya semakin sempit, begitu juga dengan Patimban yang sepanjang pantainya sudah dipasang pemecah ombak, jadi ya pilihan terakhir untuk bisa bermain air ditepi pantai ya di Cirewang ini” katanya.

Indra berharap pemerintah segera memperbaiki jalan rusak yang menuju ke Cirewang dan membantu menata lokasi wisata ini.

“Kalo pengelolanya mungkin cukup warga sekitar saja, tapi juga pemerintah seharusnya memberi penyuluhan kepada masyarakat Cirewang sebagai pengelola wisata ini, mengenai bagaimana menata pantai Cirewang ini menjadi tempat wisata yang bagus. Sekarangkan belum ditata di mana lokasi pedagang, di mana tempat sampah dan lain-lain,” tambahnya.¬† (baca juga : Pantai Cirewang, Keindahan Tersembunyi di Utara Subang)

Berita Terkait: