Komunitas Subang – Bandung Aksi Bersama Bersihkan Sungai Cileuleuy

Komunitas peduli lingkungan dari Bandung yang juga pegiat seni yang tergabung dalam lingkung seni Karang Kamulyan bersama komunitas pecinta alam Japrat Subang bersama-sama membersihkan sungai Cileuleuy, Subang (21/12/2014).

Pegiat Japrat Iman ‘juenk‘ Bahtiar mengungkapkan aksi yang dilakukan bersama komunitas dari Bandung ini merupakan salah satu langkah awal rehabilitasi sungai yang melintas pusat kota Subang ini.

DSC_0383

“Kami mendapatkan undangan dari lingkung seni Karang Kamulyan untuk bersama-sama memungut sampah di sungai Cileleuy. Dan ini sejalan dengan program kerja kami dan Karang Taruna Pasir Kareumbi (Cimerta, Cikalapa, Sidodadi dan sekitarnya) untuk membersihkan sungai Cileuleuy”.

“Kita akan melakukan gerakan masal #saveCileuleuy dalam beberapa bulan ke depan, namun ternyata ada komunitas dari Bandung yang juga peduli dengan sungai Cileuleuy, ya kita juga sangat berterima kasih,” ujarnya.

Kedepannya gerakan #saveCileuleuy ini menurut Iman juenk akan dilakukan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dibantaran sungai Cileuleuy agar lebih peduli terhadap sungai. Pada Hari Air mendatang akan diselenggarakan acara bersih-bersih masal sungai Cileuleuy yang melibatkan banyak pihak terkait.

DSC_0371s

Sementara itu, mewakili komunitas asal Bandung, Wa Dirman mengungkapkan sungai Cileuleuy ini sangat penting bagi warga Subang oleh karena itu perlu dijaga kelestariannya.

“Sungai Cileuleuy sangat penting bagi kehidupan, selain itu sungai ini juga memiliki nilai sejarah bagi Kabupaten Subang,” katanya.

Acara bersih-bersih sungai Cileuleuy ini juga diselingi dengan penampilan kesenian tarawangsa dan kawih pupuh.

Berita Terkait: