Program Kerja HIMPAUDI Subang Efektif Tingkatkan Profesionalime Guru PAUD

KOTASUBANG.com, Subang – Ratusan guru PAUD se-Kabupaten Subang mengikuti seminar nasional pengembangan Generic Skills Guru PAUD yang diselenggarakan di gedung PGRI Subang, Sabtu (20/12/2014). Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) H. Ade Mulyana mengungkapkan tema ini diambil karena merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh semua guru PAUD.

“Generic Skills adalah keahlian dasar yang harus dimiliki guru PAUD dalam rangka pengembangan dan stimulasi anak usia dini, bagaimana seorang guru harus menjadi seorang fasilitator dan juga seorang teman bagi anak didik yang harus memiliki pola tertentu untuk menstimulasi anak, salah satunya dengan belajar sambil bermain, menyenangkan, luwes, kreatif, terampil seperti yang dibahas pada seminar kali ini” jelas Ade.

Ade menjelaskan seminar yang dilakukan kali ini merupakan rangkain program kerja PAUD selama satu tahun ini.

Seminar "Generic Skill" diselenggarakan HIMPAUDI untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD Subang

Seminar “Generic Skill” diselenggarakan HIMPAUDI untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD Subang

“Ini adalah kegiatan terakhir yang dilakukan HIMPAUDI untuk tahun ini, sebelumnya kami telah melaksanakan berbagai program yang banyak ditujukan untuk peningkatan profesionalime guru PAUD,” ungkapnya.

“Tugas organisasi HIMPAUDI itu kan sebenarnya ada 2, yaitu meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan kesejahteraan guru. Nah, acara seminar seperti ini untuk meningkatkan profesionalisme guru, kita juga sering mengadakan pelatihan bahkan jambore,” papar Ade.

Ade juga menambahkan agar lebih efektif dilakukan juga pelatihan dasar berjenjang yang dibagi menjadi empat wilayah Subang dan tidak selalu dipusatkan di pusat kota Subang.

Guru PAUD dari PC Sagalaherang, Endah Warnendah mengungkapkan rangkaian program kerja HIMPAUDI selama satu tahun ini sangat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

“Kegiatan HIMPAUDI sangat sesuai kebutuhan pembelajaran. Dari awal tahun hingga akhir tahun sekarang kami sangat di-support dengan berbagai programnya,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Bunda Ema dari PC Tanjungsiang, ia mengatakan berbagai kegiatan yang diprogramkan HIMPAUDI sangat sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Bagus para pengurusnya, mengadakan program sesuai dengan kebutuhan di lapangan, semua programnya terrealisasi dan semuanya tersusun dengan baik,” kata Ema.

Saat ini di Subang terdapat 682 PAUD dengan 2.564 guru dan 20 ribu peserta didik.