Sastrawan Subang Kakoncara di Jawa Barat

KOTASUBANG.com, Subang – Dari acara ngadabrul sastra sunda yang digelar di sanggar seni Ringkang Nonoman, Cigadung beberapa waktu lalu dapat diketahui ternyata sastrawan sunda Subang memiliki reputasi yang baik di dunia sastra Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu Risnawati yang juga salah seorang sastrawan Subang mengungkapkan beberapa tokoh sastra Subang yang sudah dikenal di Jawa Barat.

“Hawe Setiawan misalnya, beliau adalah putra kelahiran Cisalak yang kini menjadi dosen di Unpas. Bahkan beliau sudah dianggap sebagai kamus berjalan bagi sastrawan di Jawa Barat karena sering dimintai pendapatnya. Kini beliau juga menjabat sebagai ketua Lembaga Budaya Unpas,” ungkapnya.

Buku Karya Sastrawan Subang, Itto CS Margawaluya

Buku Karya Sastrawan Subang, Itto CS Margawaluya

Ada pula Itto CS Magrawaluya, sastrawan yang dibesarkan di Panti Asuhan Margawaluya ini, kini menjadi salah satu sastrawan sunda yang berhasil membuat buku Autobiografi. Buku Autobiografi tersebut akan menjadi buku Autobiografi ke-dua di Jawa Barat. Dalam acara penghargaan sastra Jawa Barat (Rancage) beberapa waktu lalu karya Itto berhasil meraih juara, bahkan 3 bukunya menjadi nominasi sekaligus, salah satunya berjudul “Mapay-mapay Jalan Tarahal”.

“Redaktur majalah sunda Mangle saat ini juga berasal dari Subang, beliau adalah kang Dian Hendrayana. Sebelumnya juga beliau wartawan di majalah tersebut,” lanjut Risna.

Foto bersama setelah acara "Ngadabrul Sastra Sunda Subang" (8/11/2014)

Foto bersama setelah acara “Ngadabrul Sastra Sunda Subang” (8/11/2014)

Tokoh lainnya adalah Winarya Artadinata (Winarya Art) adik dari tokoh pendidikan Subang Oddo Wikanda ini terkenal dengan karya sastranya berjudul “Trak Trek Trok Jalan Ka Kontrak” sebuah cerita bersambung yang ber-setting kehidupan perkebunan di Subang jaman dahulu. Beberapa karyanya juga dibuat rumpaka lagu oleh seniman terkenal Mang Koko, diantaranya berjudul Angin Burit, Hareupeun Kaca, Hariring Nu Kungsi Nyanding, Kudu Ka Saha, Sagagang Kembang Ros, Salempay Sutra dan Sulaya Janji.

Karya – karya Risnawati sendiri juga sudah dikenal di dunia sastra Jawa Barat. Bahkan sajak karyanya menjadi juara kedua Rancage setelah sastrawan terkenal Jawa Barat Godi Suwarna. Risna juga pernah menyabet juara kedua lomba baca dongeng legenda se-Jawa Barat. Saat itu Risna membawakan dongeng legenda Subang “Ki Lapidin”.

Sastrawan Sunda Subang lainnya yang karya-karyanya dikenal diantaranya Hena Sumarni, Moddi Madiana, Tarlan, Hadi Faturakhman, Dimas Patria, Ningrum Julaeha, Idit Supardi Madiana, Agus Sur, Yoseph Iskandar dan Rusma.