Siswa Prakerin SMKN 10 Bandung Hasilkan Album “Subang”

KOTASUBANG.com, Subang – Para siswa SMKN 10 Bandung yang melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Sanggar Ringkang Nonoman, Subang telah berhasil menghasilkan mini album karawitan berjudul “Toleat Ringkang Nonoman”. Soft launching mini album tersebut dilakukan bersamaan dengan malam pentas seni dan perpisahan Prakerin yang diselenggarakan di Sanggar Ringkang Nonoman Cigadung, Minggu malam (23/11/2014)

Mini album tersebut terdiri dari 4 buah lagu, yang 3 lagu diantaranya menceritakan tentang seni budaya Subang. Ketiga lagu terebut berjudul Ringkang Nonoman, Toleat Mang Parman dan Cibarengkok yang diciptakan oleh pembina sanggar seni Ringkang Nonoman, Nandang Kusnandar, S.Sn.

cover album toleat

Lagu Ringkang Nonoman menceritakan gerak langkah pemuda Subang dalam melestrikan seni budayanya. Sementara lagu Toleat menceritakan Mang Parman dan filosofi Toleat alat musik khas Subang yang diciptakannya, sedangkan lagu yang terakhir yang berjudul Cibarengkok menceritakan wilayah Cibarengkok (Kartadara -red) sebagai salah satu puseur budaya Subang.

Nandang Kusnandar mengungkapkan, pembuatan album mini ini merupakan salah satu contoh praktik kerja industri yang sesungguhnya.

“Di sini para siswa benar-benar diperkenalkan bagaimana industri seni itu secara luas. Mereka benar-benar dilibatkan dalam setiap tahapan prosesnya, mulai dari penciptaan lagu, aransemen gamelan, hingga mengalami sendiri proses recording itu seperti apa,” jelasnya.

“Jangan sampai mereka nantinya hanya berfikir maen gamelan atau cuma manggung saja,” tambahnya.

Ketua DPRD Subang Ir. Beni Rudiono mendukung penuh pembuatan album oleh para siswa Prakerin SMKN 10 Bandung ini. Ia berharap setelah proses Prakerin apalagi dengan adanya album ini bisa memperkenalkan apa yang telah mereka pelajari mengenai seni budaya Subang di daerahnya masing-masing.

Berita Terkait: