Peserta Pertukaran Pemuda Indonesia Terkesan Budaya dan Alam Subang

KOTASUBANG.com, Ciater – Sebanyak 15 pemuda yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Bangka Belitung tengah mengikuti kegiatan pertukaran pemuda di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater sejak 3 – 22 November 2014. Selama di Subang mereka melakukan berbagai kegiatan, seperti saling bertukar informasi dengan pemuda sekitar sambil memperkenalkan seni budaya mereka.

Para pemuda yang sebagian besar berasal dari daerah bercuaca panas ini mengaku senang selama berada di Subang. Menurut mereka cuaca di Subang jauh lebih nyaman daripada di daerahnya.

Esa Octavia misalnya, dara yang berasal dari Belitung Provinsi Bangka Belitung ini mengku kerasan selama tinggal di Ciater, selain cuaca yang sejuk ia juga menikmati keindahan alam Subang.

jambore pemuda indonesi subang 2014

Para peserta pertukaran Pemuda asal NTB, Sulsel dan Bangka Belitung di Subang

Bupati Subang menerima cenderamata dari peserta Jambore Pemuda Indonesia asal Sulawesi Selatan di Ciater (20/11/2014)

Bupati Subang menerima cenderamata dari peserta Jambore Pemuda Indonesia asal Sulawesi Selatan di Ciater (20/11/2014)

“Di daerah kami cuacanya lebih panas dari sini, di sini sejuk, pariwisatanya juga bagus. Saya senang banget jalan-jalan di kebun teh. Di sini kita diajarin petik teh sama lihat proses produksinya,” katanya kepada KOTASUBANG.com.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yuniarti, wanita yang berasal dari Tana Toraja ini mengaku wisata di Subang tak ada duanya.

Di sini nyaman, selain udaranya sejuk, penduduknya juga ramah. Saya sudah diajak keliling kebun teh, ke Tangkuban Perahu, ke Pemandian Air Panas, wisatanya tak ada duanya.  Dan ternyata makanan di sini ga jauh beda sama di Sulawesi, sama-sama suka pedes,” ujar dara yang saat ini menjabat Duta Wisata Sulawesi Selatan.

Elsa, pemudi asal Sulawesi Selatan lainnya juga mengungkapkan kekagumannya pada budaya dan keindahan alam Subang.

Di sini masyarakatnya ramah kita jadi gampang bersosialisasi, teman-teman juga ga ada yang ngeluh, semua malah betah di sini. Suasananya sejuk dan sangat indah,” jelas gadis asal Makassar ini.

Selama di Subang para peserta ini tinggal di rumah penduduk di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater.