Meski Sarana Terbatas, Cabang Dayung Subang Sumbang Emas

KOTASUBANG.com, Karawang – PORDA Jabar XII masih akan berlangsung 5 hari lagi, sementara Kabupaten Subang masih bertengger di posisi ke-18 dari 27 daerah dengan perolehan 6 Emas, 7 Perak dan 11 Perunggu. Salah satu cabang penyumbang medali emas bagi kabupaten Subang adalah cabang Dayung. Hingga saat ini cabang Dayung telah menyumbang 1 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Eko Darmoko, official cabang Dayung mengungkapkan tim cabang Dayung Subang masih menyisakan 1 nomor final yang akan berlangsung Rabu (18/11/2014).

“Rabu besok kita akan mengikuti final kelas Dragon boat, semoga bisa menambah pundi-pundi medali bagi Subang,” katanya di Situ Cipule, Karawang yang merupakan venue PORDA cabang dayung, Senin (16/11/2014).

dayung-porda-jabar-bekasi

Eko menambahkan, meskipun sarana dan prasarana tim Dayung Subang tidak selengkap daerah lain, tapi dengan semangat tinggi dari para atlet, tim dayung mampu menyumbangkan medali. Menurut Eko, di Subang tidak ada danau yang memadai untuk latihan dayung.

“Ketika latihan kita memanfaatkan situ Saradan yang sebenarnya kurang memadai karena kurang luas, ketika situ Saradan surut, kita terpaksa harus pindah ke situ Cinangsi yang kemudian juga surut. Untuk itu kita sesekali “nebeng” latihan di Jatiluhur,” jelasnya.

Eko membandingkan dengan Purwakarta yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap karena kebetulan juga menjadi pusat pendidikan dayung nasional, hingga saat ini berhasil menyabet 10 emas dari cabang dayung.

Selain tidak adanya danau menurut Eko, untuk meningkatkan prestasi ke depan fasilitas tim dayung juga harus dilengkapi. Ia mencontohkan dragon boat yang dimiliki tim dayung Subang sudah jauh tertinggal dari daerah lain.

“Dragon Boat yang dimiliki tim Dayung Subang saat ini buatan Cilacap beratnya 8 Kg lebih berat dari pada Dragon Boat milik daerah lain yang kebanyakan buatan luar negeri,” katanya.

“Tapi tak apa, toh ternyata kita bisa masuk final juga dengan kondisi dragon boat lebih berat, yang penting semangat dari anak-anak,” pungkasnya.

Tim Dayung Subang mengirim 27 atlet pada PORDA JAbar XII ini, yang terdiri dari 12 putri dan 15 putra.