2 Pembalap Subang Mencoba Mengejar Mimpi di Kancah Internasional

Pembalap Indonesia Naik Podium di Suzuka 2-hr Asia Dream Endurance Race (Foto : @golden_racing)

Berlaga di MotoGP menjadi impian setiap pebalap, tak terkecuali dua rider muda Indonesia, Andi Farid Izdihar dan Aditya Pangestu Hanafi. Keduanya pun menempa diri lewat ajang Asian Dream Cup.

Andi–atau yang biasa disapa Andi Gilang- dan Adit merupakan pebalap binaan PT. Astra Honda Motor. Keduanya ikut serta dalam ADC 2014 yang kini sudah memasuki seri kelima dari enam seri yang dilombakan.

Bagi Adit, yang kini berusia 19 tahun, berlaga di MotoGP memang jadi impiannya. Dia pun sudah merintis jalannya dengan mengakrabi dunia balap sejak kelas 4 SD.

“Awalnya cuma main grass track. Orang tua nggak marah karena itu balapan di sirkuit. Kalau di jalanan nggak boleh karena masih kecil. Paling pulang sekolah latihan, di dekat rumah ada lapangan,” tutur Adit dalam perbincangan dengan detikSport di Buriram United International Circuit, Jumat (7/11/2014).

Sudah bertahun-tahun menggeluti dunia balap, Adit pun tak mau setengah-setengah. Dia bertekad untuk mewujudkan cita-citanya tampil di balapan level tertinggi.

“Saya mau tetap serius sampai mudah-mudahan tercapai cita-citanya. Saya pengin ke Moto2 dan kalau bisa MotoGP,” kata pemuda asal Subang, Jawa Barat itu.

Cita-cita serupa juga dimiliki oleh Andi Gilang. Apalagi darah balap kental mengalir dalam diri remaja 16 tahun itu.

“Keluarga memang pebalap. Ayah pebalap off-road, jadi waktu kecil sering dibawa ayah nonton balapan. Sekarang udah gede didukung buat balapan,” ujarnya.

Mendapat dukungan penuh dari keluarga, Andi Gilang pun makin serius untuk mewujudkan mimpinya mengharumkan nama Indonesia di level balapan tertinggi.

Pembalap Indonesia Naik Podium di Suzuka 2-hr Asia Dream Endurance Race  (Foto : @golden_racing)
Pembalap Indonesia Naik Podium di Suzuka 2-hr Asia Dream Endurance Race (Foto : @golden_racing)

“Sangat serius. Cita-citanya pengen sampai level tertinggi dan bawa harum nama Indonesia,” katanya.

Di ajang ADC 2014 kali ini, Adit untuk sementara menduduki peringkat ketiga klasemen dengan 105 poin. Sementara Gilang ada di urutan kelima dengan 63 poin.

Dalam balapan seri kelima yang akan digelar di Buriram International Circuit, Minggu (9/11/2014), keduanya sama-sama mengincar hasil terbaik demi mendongkrak posisinya di klasemen.

“Targetnya pengin podium pertama, tapi kalau tidak bisa, ya yang penting naik podium. Untuk mengejar posisi runner-up harus berusaha semaksimal mungkin,” kata Adit.

Asia Dream Cup merupakan program dari Honda Motor untuk mencari bibit-bibit unggul dalam dunia balap. Pebalap terbaik dari ajang ini nantinya berkesempatan untuk menjajal motor Moto3 dan bisa saja berpeluang mendapat wild card entry Moto3 di musim berikutnya. (detiksport)

Berita Terkait: