Antisipasi Kekerasan Pelajar, SD di Subang Dipasangi CCTV

Foto Ilustrasi CCTV

SD Negeri Rosela Indah, Kabupaten Subang, Jawa Barat dipasangi closed-circuit television (CCTV). Ini dilakukan untuk mengantisipasi kekerasan pelajar yang sedang marak di sejumlah daerah di Tanah Air.

Pihak sekolah memanfaatkan rekaman CCTV untuk mengawasi kegiatan siswa. Di SD Negeri Rosela sendiri, sudah dipasangi enam CCTV. Sudah beberapa kali pula, guru menemukan pelanggaran yang dilakukan siswa.

“Pemasangan CCTV untuk memudahkan pengawasan terhadap siswa di sekolah,” ujar seorang guru, Suharyana di sekolah, Jumat (17/10/2014).

Foto Ilustrasi CCTV
Foto Ilustrasi CCTV

Menurutnya, upaya pencegahan tidak hanya dengan memasang CCTV, tapi mengoptimalkan fungsi guru Bimbingan dan Penyuluhan (BP). Keberadaan guru di bidang itu diharapkan bisa menjadi teman siswa untuk berdiskusi di sekolah.

Kekerasan sesama pelajar belakangan ini mengundang perhatian. Terheboh adalah penganiayaan yang dialami seorang siswi kelas 5 SD Perwari Bukittinggi, Sumatera Barat. Kasus ini terungkap setelah beredar video yang menggambarkan kekerasan tersebut. Kemudian disusul kekerasan pelajar di Temanggung dan Medan (Okezone).

Berita Terkait: