Meski Bekasi Tuan Rumah PORDA, Balap Motor Digelar di Subang

Sirkuit permanen Geri Mang di Kelurahan Sukamelang Kecamatan/Kabupaten Subang menjadi venue cabang olah raga Balap Motor pada Porda Jabar 2014. Saat ini berbagai aktivitas seperti perbaikan dan penambahan fasilitas lainnya di Sirkuit Geri Mang sedang berlangsung.

Kepastian Sirkuit Gery Mang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Cabor Balap Motor ditentukan KONI Jabar dan Pengprov IMI Jabar beberapa waktu lalu. Keputusan itu diambil setelah pihak Konida Bekasi dan Korwil Bekasi sebagai tuan rumah Porda Jabar menyerahkan sepenuhnya pemilihan tempat untuk pertandingan cabor balap sepeda motor kepada KONI Jabar, dan Pengprov IMI Jabar.

Ketua Umum Koni Kabupaten Subang, Yoyo Kustrio membenarkan bahwa dalam porda jabar nanti, cabor balap sepeda motor akan digelar di Kabupaten Subang. “Kalau detail persiapan dan perbaikan sirkuitnya seperti apa, kami tak tahu persis. Sebab kami hanya sediakan tempat, sedang perbaikan dan penambahan fasilitas dillaksanakan oleh penyelenggara,” ujarnya.

Yoyo mengungkapkan pemilihan sirkuit Geri Mang itu karena dinilai layak digunakan, tinggal melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas. “Berdasarkan informasi yang kami terima, keputusan menggunakan sirkuit Geri Mang diambil karena pertimbangan mepetnya waktu penyelenggaran dan kesiapan Bekasi selaku tuan rumah Porda Jabar. Pada saat tim dari Koni dan IMI Jabar melakukan inspeksi track di venue balap motor yang ada di Bekasi masih jauh dari harapan. Akhirnya Konida Bekasi dan Korwil bekasi menyerahkan pemilihan venue kepada KONI dan Pengprov Jabar untuk menggelar balap motor di tempat lain. Subang terpilih karena akses ke sirkuit dan letak geografisnya berada di tengah-tengah,” jelasnya.

sirkuit-gery-mang-subang1

Sekum Koni Kabupaten Subang, Dadang Kurnianudin mengatakan hal sama. Menurutnya dari informasi yang beredar awalnya Pengprov IMI Jabar berharap pelaksanaan cabor Balap motor bisa digelar di Bekasi, sehingga aura Pordanya menjadi lebih kental. Apalagi rencananya akan ada sirkuit baru, sehingga bisa menambah kekayaan sirkuit di IMI Jabar. Namun realisasinya berkata lain, ketika dihadapkan kepada harus berkejaran dengan waktu. pelaksanaan keputusan bijak harus diputuskan. “Terakhir saya melihat ke lokasi sirkuit Gery Mang Subang perbaikan hingga Selasa ini masih berlangsung,” ujarnya.

Dadang mengungkapkan pelaksanaan Porda Jabar sudah semakin dekat, dirinya berharap sirkuit Geri Mang sudah siap digunakan paling lambat akhir bulan ini. “Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” katanya. (Pikiran Rakyat)

Berita Terkait: