Politeknik Negeri Subang Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Master plan Gedung Politeknik Negeri Subang

KOTASUBANG.com – Subang, Politeknik Negeri Subang telah mulai membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Ajaran 2014/2015. Proses penerimaan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan di kantor Politeknik Negeri Subang, jalan Ade Irma Suryani, No. 03, Subang sejak 8 September hingga 8 Oktober 2014.

Untuk tahap awal Politeknik Negeri Subang hanya membuka program studi (prodi) Manajemen Informatika dengan jumlah kuota mahasiswa sebanyak 32 orang. Hal itu diungkapkan Direktur Politeknik Negeri Subang Ridwan Baharta kepada kotasubang.com di kantornya, Selasa (7/10/2014).

“Untuk tahun ini kita coba buka untuk Program Studi Manajemen Informatika dulu, tahun depan rencananya baru kita akan buka 2 program studi lainnya yaitu Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin dan Agroindustri,” katanya.

Menurut Ridwan, dipilihnya prodi Manajemen Informatika sebagai program studi yang pertama kali dibuka, hal itu disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia.

Master plan Gedung Politeknik Negeri Subang
Master plan Gedung Politeknik Negeri Subang

“Program studi Manajemen Informatika kan hanya memerlukan Laboratorium Komputer untuk tempat praktikum, untuk hal ini sekarang kita dalam proses lelang untuk perlengkapan Lab. Komputer di Politeknik Negeri Bandung, mudah-mudahan ini berjalan lancar,” ungkap Ridwan.

“Sementara untuk program studi yang lain, kita kan belum punya untuk sarana praktikumnya,” jelasnya.

Ridwan menambahkan program studi yang dibuka di Politeknik Negeri Subang disesuikan dengan kebutuhan daerah Subang dan sekitarnya, sehingga lulusan dari Politeknik Negeri Subang dapat langsung diserap oleh perusahaan- perusahaan yang ada di sekitar Subang.

“Seperti prodi Agrobisinis kan sangat sesuai dengan wilayah Subang sebagai daerah agraris, demikian juga dengan prodi Manajemen Informatika dan Perawatan dan Perbaikan Mesin sangat sesuai dengan kebutuhan Industri di Subang dan sekitarnya,” ujarnya

Untuk tempat perkuliahan sementara Politeknik Negeri Subang rencananya akan dilaksanakan di gedung GOW, jalan Mayjen Soetoyo sambil menunggu pembangunan kampus di daerah Cibogo selesai.

Master plan Gedung Politeknik Negeri Subang
Master plan Gedung Politeknik Negeri Subang

“Sebenarnya Pemkab menyedikan failitas di gedung SMA Langlangbuana, tapi menurut kami itu kurang representatif untuk proses perkuliahan, makanya kami mengajukan gedung lain, yaitu GOW,” ujar Ridwan.

Sementara itu untuk tenaga pengajar Politeknik Negeri Subang sementara akan mendatangkan dosen-dosen dari politeknik Negeri Bandung, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung dan Univeritas Subang.

Politeknik Negeri Subang sebenarnya sudah diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono sejak 2 April 2014 lalu bersama 6 Perguruan Tinggi Negeri baru lainnya. Namun karena fasilitasnya belum tersedia maka perkuliahan belum bisa dilaksanakan. Pemkab Subang sendiri telah menyediakan lahan seluas 40 hektar di daerah Cibogo untuk lokasi pembangunan kampus Politeknik Negeri Subang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here