Pemkab Subang Siap Lelang Jabatan

Kantor Bupati Subang

Pergantian peran Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang selama ini berfungsi menentukan mutasi jabatan di daerah akan segera lenyap. Sebab sesuai dengan Undang-undang aparatur sipil Negara (ASN) No. 5 Tahun 2014 digantikan dengan membentuk Panitia Seleksi (Pansel).

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Abdurakhman yang dihubungi, Senin (6/10/2014) membenarkan rencana pembentukan Pansel yang menggantikan peran Baperjakat tersebut. “Itu harus direalisasikan dan kita siap melaksanakannya termasuk melelang jabatan karena undang-undang harus dilakukan,” ujarnya.

Disebutkan, dalam salah satu pasalnya disebutkan kalau Pansel dibentuk oleh bupati atau walikota dan gubernur untuk mengatur soal jabatan dan kepangkatan para pegawai negeri sipil yang bekerja di setiap Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD). “Ya itu tadi realisasinya seperti lelang jabatan yang dilakukan mantan Gubernur Joko Widodo di Pemprov DKI Jakarta,” jelas Abdurakhman.

subang
Kantor Bupati Subang

Ia menyontohkan dalam hal jabatan eselon II, misalnya, setiap PNS berhak mengikuti seleksi asalkan memenuhi semua persyaratan yang diharuskan. “Diantaranya, pendidikan terakhir lulus S2,” katanya.

Nanti jabatan Sekda, lanjut dia, semua PNS yang ada di Indonesia, berhak mengikuti seleksi asalkan memenuhi persyaratan. Sehingga, tidak aneh jika sekda Suabng, kelak berasal dari Sumatera atau sebaliknya. “Makanya, persaingannya akan berlangsung ketat, transfaran tetapi juga bebas KKN,” tambahnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Subang, Hj. Nina Herlina menyatakan sebagai pelaksana sudah siap dan mengapresiasi pemberlakukan ASN yang mengamanatkan pansel menjadi penentu seorang PNS terhadap jabatan yang akan disandangnya.”Saya pikir hasil akhir kerja pansel akan lebih bagus ketimbang baperjakat, hanya saja, prosesnya perlu waktu,” katanya. (Galamedia)

Berita Terkait: