Disbudparpora Subang Gelar Alimpaido Kaulinan Budak Lembur

Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Subang pagi ini, Rabu (1/10/2014)  menggelar Alimpaido Kaulinan Budak Lembur di lapangan GOR Kabupaten Subang. Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta  yang berasal pramuka penggalang dari kwaran Pramuka se Kabupaten Subang.  Acara ini sekaligus merupakan persiapan Kabupten Subang untuk mengikuti Alimpaido tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan digelar 9 Oktober mendatang.

Dalam Aimpaido tersebut, para peserta ditantang untuk menyelesaikan berbagai permainan anak-anak jaman dulu. Permainan yang dilaombakan diantaranya : egrang, englke, perepet jengkol, gasing, bedil jepret, kelom batok, sorodot gaplok dan rorodaan.

alimpaido subang
Egrang, salah satu kaulinan budak yang dilombakan dalam Alimpaido yang digelar Disbudparpora Kabupaten Subang, Rabu (1/10/2014). (Foto oleh : @abah_bima)

Abah Bima, salah satu tokoh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut mengaku bangga dan bersyukur atas adanya kegiatan seperti ini di Kabupaten Subang.

“Alhamdulillah Disbudparpora Kabupaten  Subang  menyelenggarakan alimpaido sebagai bentuk pelestarian kaulinan budak lembur yang hampir punah, kalah sama permainan seperti Play Station,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan saja ke depan semakin banyak kegiatan-kegiatan pelestarian budaya sunda, khususnya budaya Subang yang diselenggarakan oleh Disbudparpora Kabupaten Subang, lanjutnya.

Sebelumnya acara serupa juga pernah diselenggarakan pada acara hari jadi Kecamatan Cibogo beberapa waktu lalu dan mendapatkan animo yang baik dari warga masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here