Subang Pecahkan Rekor MURI dan Dunia Sisingaan Terbanyak

Lebih dari 100 sisingaan yang  diusung oleh lebih dari 400 orang penari tadi pagi (23/02/2012) berhasil memecahkan rekor MURI sebagai tari Sisingaan dengan jumlah terbanyak di dunia. Pemecahan rekor MURI ini dilakukan di alun-alun kota Subang, Jawa Barat yang merupakan tempat asal muasal kesenian ini lahir.

Dalam acara itu para penari menampilkan gerak tari yang serempak dan membuat beberapa formasi gerak. Diantaranya mereka membuat formasi angka 64, yang menunjukkan usia kabupaten Subang saat ini. Selain itu mereka juga membuat formasi piramida menyerupai benteng pancasila, yang merupakan ikon kota Subang.

Yang menarik dalam acara ini adalah para penari yang terlibat berasal dari berbagai profesi dari mulai seniman hingga anggota TNI yang dengan kompak bersatu demi tercapainya rekor MURI tersebut. Mereka telah berlatih bersama dalam sepekan terakhir.

Dalam acara ini juga hadir beberapa tokoh nasional, diantaranya  Dr. Akbar Tanjung, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farid, beberapa anggota DPR RI dan para kepala pemerintahan Kota/Kabupaten tetangga Subang.

(budiana)