Mentan Resmikan Balai Penelitian Padi Peninggalan Soeharto di Subang

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meresmikan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Kecamatan Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Balai penelitian tersebut merupakan peninggalan pemerintahan Presiden Soeharto.

“Kami menyempurnakan gedung yang di bangun pak Harto tahun 1983,” ujar Suswono saat menyampaikan sambutannya di Subang, Selasa (30/9/2014).

Peresmian Balai Besar Penelitian Padi (BBPP) tersebut merupakan tindak lanjut dari pemugaran yang dilakukan pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Saat ini BBPP Sukamandi Subang memiliki 50 peneliti padi dan beberapa peneliti pembantu dari BBPP lainnya.

Menteri Pertanian Suswono (dok. kementan)

Menteri Pertanian Suswono (dok. kementan)

Dalam perjalanan sejarahnya, BBPP sudah menghasilkan lebih dari 30 varitas padi sejak diresmikan Soeharto pada tahun 1983 lalu.

Suswono pun berharap, dengan pemugaran BBPP tersebut maka kinerjanya pun akan semakin baik. Menurut dia, dengan semakin banyak penelitian padi, maka kualitas dan kuantitas padi nasional bisa terus berkembang sehingga mampu memenuhi kebutuhan nasional yang juga terus meningkat.

“Semoga bukan hanya gedungnya saja jadi baru, tetapi varietas-varietas baru juga muncul,” kata Suswono. (Kompas)