Lagi, Pipa Milik Pertamina Bocor di Subang

KOTASUBANG.com, Blanakan – Pipa yng mengalirkan minyak mentah milik Pertamina kembali bocor di Dusun Sukajaya Desa Langensari Kecamatan Blanakan sejak Kamis (18/9/2014) sekitar pukul 6.00 WIB. Akibat kebocoran tersebut areal persawahan milik warga tercemari tumpahan minyak mentah.

Aang, salah satu warga yang sawahnya terkena tumpahan minyak mengaku khawatir sawahnya yang tercemar itu bisa mengalami gagal panen. Selain itu ia khawatir kebocoran ini bisa menimbulkan kebakaan seperti yang terjadi di kecamatan Sukasari beberapa waktu lalu.

“Dua petak sawah saya tercemar tumpahan minyak, saya khawatir tanaman padi rusak. Saya berharap Pertamina bertanggung jawab, kita jadi takut kalau tidak ada tindak lanjut dari Pertamina. Nanti meledak lagi kaya yang di Sukasari beberapa waktu lalu,” ungkap Aang.

Ilustrasi (Foto by energytoday)

Ilustrasi (Foto by energytoday)

Sementara itu Government & PR Assistant Manager, PT Pertamina EP Asset 3, Dian Hapsari, membenarkan telah mendapat laporan tentang bocornya pipa pertamina. Menurutnya peristiwa itu terjadi pada pipa truk line 8 inc yang menyalurkan crude oil di desa Langensari, Blanakan.

“Laporan kami terima dari warga dan kades setempat melalui petugas kami di Cilamaya. Saat ini kami sedang melakukan investigasi untuk memastikan penyebabnya,” katanya.

Dia mengatakan, upaya penanganan sudah dilakukan salah satunya dengan cara menggali di lokasi kebocoran sebagai upaya mengisolasi lokasi resapan crude oil. Selain itu dia mengku saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisir dampaknya termasuk negosiasi dengan warga untuk ganti rugi.

“Situasi dan kondisi dilokasi hingga saat ini sudah kondusif,” pungkasnya.