Jumlah Investasi Melonjak di Subang, Investor Dalam Negeri Mendominasi

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang masih menjadi incaran para investor dalam dan luar negeri untuk mendirikan perusahaannya. Bahkan dalam dua tahun ini lonjakan investasi meningkat tajam.

Pada tahun 2012 nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Subang baru mencapai 400 milyar, sementara pada tahun 2013 melonjak menjadi Rp 1,3 triliun. Tahun 2014 ini nilai investasi diperirakan akan lebih tinggi lagi.

“Yang pasti, tahun ini nilainya akan melewati angka Rp 1,3 triliun,” ungkap Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Subang Elita Budiarti seperti dikutip dari Tempo.co.

ilustrasi kawasan industri

ilustrasi kawasan industri

Elita mengungkapkan jika tahun sebelumnya investor yang datang ke Subang kebanyakan asing terutama dari Korea, sekarang justru lebih banyak investor dalam negeri yang menguasai penanaman modal sepanjang 2014.

Selain itu menurut Elita, tahun ini sudah mulai berdatangan investor industri manufaktur, bukan cuma para investor di industri garmen.

“Tahun ini sudah bergeser ke industri manufaktur yang banyak merekrut tenaga kerja laki-lali,” katanya.

Keberhasilan Subang meningkatkan investasi tersebut mendapat apresiasi dari Pemprov Jabar. Subang mendapat penghargaan pelayanan terpadu satu pintu terbaik kategori kota sedang pada tahun 2013 dan 2014.