Eksekusi Lahan di Cibogo Tuntas, Pembebasan Lahan Tol Cipali Sudah 100%

KOTASUBANG.com, Cibogo – Setelah dua kali gagal, akhirnya eksekusi pembebasan lahan tol seluas 2,7 hektar di Dusun Cihurip Desa Pada Asih Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang dapat dilaksanakan, Kamis pagi (18/9/2014). Eksekusi tersebut dimulai sekitar 10.00 pagi, awalnya segelintir orang melakukan perlawanan, hingga pihak kepolisian harus mengamankan 4 orang warga yang dinggap provokator.

Sebelumnya puluhan warga menolak eksekusi, karena belum ada kesepakatan harga tanah yang akan digunakan untuk proyek jalan tol tersebut. Warga meminta Rp 500 permeter untuk rumah dan Rp 300 ribu permeter untuk tanah sementara pemerintah melalui Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pemegang konsesi proyek jalan tol Cikampek-Palimanan (Cipali) hanya mampu membayar Rp. 37 ribu permeter.

Eksekusi lahan untuk proyek tol Cipali di desa Pada Asih, Cibogo ( Foto : @abah_bima)

Eksekusi lahan untuk proyek tol Cipali di desa Pada Asih, Cibogo ( Foto : @abah_bima)

“Kendala dari pembebasan lahan ini adalah warga tidak setuju dengan harga yang ditetapkan pemerintah, harusnya mereka kalau tidak setuju dengan harga yang disepakati menggugat ke pengadilan secara perdata,” kata Edwin Sas Goenarto, juru bicara PT LMS.

Edwin bersyukur akhirnya eksekusi lahan bisa terlaksana, ia mengatakan dengan selesainya pengosongan lahan di Subang maka proses pembangunan konstruksi proyek tol Cipali diharapkan dapat berlangsung lebih cepat.

Dengan dikosongkannya lahan seluas 2.7 hektar di kecamatan Cibogo tersebut maka proses pembebasan lahan di tol Cipali sudah mencapai 100%. Proyek tol ini dliharapkan dapat selesai dan beroperasi mulai tahun 2015 mendatang.

  • bangun terus jalan tol biar pantura lancar.