Status Lanud Suryadarma Dinaikan Jadi Tipe A

KOTASUBANG.com, Kalijati – Status Lapangan udara Suryadarma di Kalijati, Kabupaten Subang akan dinaikan dari tipe B menjadi lanud bertipe A.

“Rencananya akhir tahun 2014 atau awal 2015,” kata Komandan Lanud Suryadarma Kalijati Kolonel Penerbang Tahyodi.

Menurut Tahyodi dengan naiknya status Lanud menjadi Tipe A maka secara otomatis pimpinan yang mengomandoinya pun harus seorang perwira tinggi bintang satu.

“Jadi yang menjadi komandan di sini akan naik, kalau sekarang masih kolonel nanti bisa dipimpin bintang satu,” ujarnya.

Setelah tipenya dinaikan, tahun depan di Lanud Suryadarma akan dibangun skuadron heli yang baru untuk menaungi heli EC 735 Cougar.

Seorang pilot helikopter EC 120 Colibri sedang melakukan pengecekan sebelum terbang

Seorang pilot helikopter EC 120 Colibri sedang melakukan pengecekan sebelum terbang

“Heli EC 735 Cougar ini diperuntukan bagi SAR tempur, buatan Prancis dengan ukuran lebih besar dari super puma. Rencananya akan dibangun satu skuadron jumlahnya antara 12 – 16 unit, tahap pertama akan datang enam dulu,” ujarnya.

Saat ini di Lanud Suryadarma terdapat satuan udara Skadron Udara 7 dengan dua jenis Pesawat Helikopter Bell 47 G Solooy dan EC 120 Colibri.

“Sejak 1991 sampai kini Lanud Suryadarma dikenal sebagai home base sekaligus dilahirkannya para penerbang Helikopter (chopper) TNI,” terangnya.

Lanud Suryadarma juga merupakan sekolah penerbang pertama di Indonesia (Hindia Belanda) yang mulai mendidik penerbang sejak tahun 1921.