Ojang : Jangan Campuri Pramuka dengan Urusan Politik

KOTASUBANG.com, Subang – Hari ini, Selasa (16/09/2014) digelar apel besar gerakan Pramuka Kwarcab Subang dalam rangka memperingati hari Pramuka di alun-alun Benteng Pancasila, Jalan Wangsa Gofarana, Subang. Meskipun terlambat dari jadwal seharusnya yaitu 14 Agustus lalu, upacara terebut berlangsung semarak, terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir.  Dalam upacara tersebut hadir perwakilan Pramuka dari setiap kecamatan di Kabupaten Subang dan perwakilan dari kabupaten / kota tetangga.

Dalam sambutannya Bupati Subang Ojang Sohandi menghimbau agar gerakan Pramuka tidak dicampuri urusan politik.

“Saya menghimbau agar tidak mencampuradukan gerakan Pramuka dengan politik, para aktivis gerakan Pramuka tidak boleh kemana-mana tapi harus ada dimana-mana,” tegasnya.

Pengukuhan Pramuka Saka Kalpataru oleh Bupati / Ketua Kwarcab Subang

Pengukuhan Pramuka Saka Kalpataru oleh Bupati / Ketua Kwarcab Subang

“Jangan pula kakak-kakak aktif di Pramuka karena hanya ingin dekat dengan Bupati, Wakil Bupati atau karena jabatan. Pramuka itu harus benar-benar ditujukkan untuk menciptakan generasi muda yang unggul, lanjutnya.

Ojang juga mengajak untuk membangun kembali “roh” pramuka di Subang yang saat ini mulai padam.

“Mari kita bangkitkan kembali “roh” gerakan Pramuka di Kabupaten Subang, seperti jaman pak Atju Samsudin dahulu. Ketika itu Subang di kenal dengan kabupaten Pramuka,” kata Ojang

Dalam apel besar tersebut dilakukan pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa pada gerakan Pramuka Kabupaten Subang. Penghargaaan juga diberikan untuk Kwartir tergiat, yaitu kwartir Subang, Tanjung Siang dan Pagaden. Sementara Kecamatan Pramuka diraih oleh Kalijati, Subang dan Patok Beusi. Selain itu dilakukan pula  pengukuhan Pramuka Saka Kalpataru Kabupaten Subang oleh Bupati Subang sekaligus Ketua Kwarcab Subang Ojang Sohandi.

pramuka subang 1

Simulasi penanganan bencana oleh Scout Rescue Pramuka Kwartir Subang

pramuka subang 2

Simulasi penanganan bencana oleh Scout Rescue Pramuka Kwartir Subang

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai unjuk kemampuan gerakan Pramuka kabupaten Subang, diantaranya dengan pertunjukkan musik dan simulasi penanganan bencana banjir oleh tim  Scout Rescue dari Kwartir Subang.

Diakhir sambutannya Ojang mengucapkan banyak terima kasih pada genersi muda yang masih mau aktif dalam gerakan Pramuka dan kepada tokoh-tokoh yang telah mengembangkan kepramukaan di Subang.

“Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mengizinkan anak-anaknya untuk ikut gerakan Pramuka. semoga generasi Pramuka bermanfat untuk kemajuan Kabupaten Subang,” pungkasnya.