Se-abad Penerbangan, 20.000 Orang Kunjungi Lanud Suryadarma Air Show

KOTASUBANG.com, Kalijati -Tahun ini tepat 100 tahun usia Lanud Suryadarma Kalijati, Subang. Menandai hal tersebut digelar berbagai acara di Pangkalan Udara Militer tertua di Indonesia ini dan sebagai acara puncak, digelar Lanud Suryadarma Air Show 2014, 13-14 September ini. (baca juga : 100 Tahun Lanud Suryadarma, Lanud Militer Tertua di Indonesia)

Acara ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Hari ini, Sabtu (13/9/2014) tak kurang dari 20.000 warga Subang dan sekitarnya memadati hanggar C lanud Suryadarma yang merupakan pusat acara Suryadarma Air Show 2014. Selain mengikuti berbagai perlombaan para pengunjung ini juga bisa menyaksikan pameran alutsista, pesawat tempur dan pesawat-pesawat kuno koleksi museum Amerta Dirgantara Lanud Suryadarma.

Ketua panitia acara 1oo Tahun Lanud Kalijati Letkol Penerbang Agus Setiawan menyatakan berbagai acara telah dilaksanakan untuk memperingati seabad Suryadarma ini dintaranya lomba dakwah, karya bakti kesehatan dan kebersihan dan kejurnas speed masterĀ  offroad yang digelar akhir Agustus lalu. Menurut Agus, animo masyarakat untuk mengikuti berbagai acara terebut sangat tinggi.

seabad lanud suryadarma subang

Ribuan orang menyaksikan Lanud Suryadarma Air Show 2014 yang diselenggarakan dalam rangka 100 tahun Lanud Suryadarma

lanud suryadarma subang kalijati

Pesawat helicopter Colibri EC 120 jadi tontonan ribuan warga pada Lanud Suryadarma Air Show 2014

“DanĀ  hari ini kita adakan lomba lari Suryadarma 1oK dan lomba melukis dan kolse untuk anak-anak TK se-Purwasuka sedangkan untuk besok akan digelar fun bike yang diikuti lebih dari 2000 orang,” kata Agus kepada kotasubang.com di hanggar C Lanud Suryadarma.

“Untuk peserta lomba lukis saja peserta mencapai 8000 orang dari Subang, Purwakarta, Karawang, bahkan ada yang dari Bandung. Sehingga hari ini (13/9) diperkirakan 15-20 ribu orang tumpah ruah di sini,” lanjut Agus.

lanud-suryadarma-subang-tempur

Hal yang paling spektakuler dari acara puncak seabad lanud Suryadarma adalah penampilan tim aerobatik Pegasus dari Lanud Suryadarma. Dengan piawai para pilot helikopter EC 120 Colibri membuat berbagai formasi di udara, yang mengundang decak kagum pengunjung Suryadarma Air Show.

“Saya kira ini harus jadi kebanggaan untuk wilayah sini karena memiliki tim aerobatik yang hebat. Tak banyak tim aerobatik yang dimiliki TNI AU saat ini,” ungkapnya.

lanud suryadarma subang

8000 anak TK se-Purwasuka mengikuti lomba lukis di Lanud Suryadarma

Menurut Agus rencananya, event ini akan menjadi agenda tahunan Lanud Suryadarma.

“Ini memang Airshow perdana, tidak menutup kemungkinan ini akan digelar setiap tahun. Lanud Suryadarma memiliki 2 museum, memiliki alutsista, wingdiktekal, punya tim aerobatik sehingga sangat memungkinkan untuk menggelar Air Show setiap tahun,” papar Agus.

“Selain menjadi potensi wisata acara ini juga tentunya akan mempererat hubungan lanud Suryadarma dengan warga masyarakat. Dan yang paling penting diharapkan dengan acara seperti ini bisa meningkatkan minat generasi muda pada dunia kedirgantaraan atau TNI AU,” pungkasnya.

Sementara itu warga masyarakat menyambut baik digelrnya acara tersebut. Wiwin (34) pengunjung asal Dawuan mengaku senang bisa menyaksikan acara ini.

“Ternyata lanud Kalijati keren, senang bisa lihat atraksi udara dari para pilot Lanud Suryadarma,” kata Wiwin yang datang sambil mengatar anaknya mengikuti lomba lukis.

Berdasarkan pantauan kotasubang.com banyak dari pengunjung memanfatkan momen ini untuk berfoto-foto di depan pesawat-pesawat koleksi Lanud Suryadarma, bahkan banyak juga yang meminta foto bersama dengan para pilot dan anggota TNI AU Lanud Suryadarma. (baca juga : Arti Penting Seabad Lanud Suryadarma, Subang)

100 tahun lanud suryadarma kalijati

Para pengunjung Lanud Suryadarma Air Show berfoto-foto di depan pesawat helikopter