Cinta Subang? Tunjukkan dengan Aksi Nyata Bersama Sobat Budaya Subang

Subang. Sebuah nama daerah yang mungkin pernah, sering, dan mungkin selalu terdengar dan dibicarakan oleh orang-orang dari setiap kalangan di negeri ini. Sebuah nama dengan tambahan kalimat mungkin yang beragam setelahnya. “Subang, subang itu…”.

Sebagian orang mungkin pernah membicarakan tentang Subang seperti ini, “Subang itu?? oh daerah yang sering saya lewati saat mudik. Dan pasti macet disana. Jalanannya rusak!” atau, “Subang itu yang bu***nya dulu terjerat kasus xx” Atau, “Subang itu, yang terkenal dengan nanas simadunya itu ya??”. Kalimat-kalimat itu pasti beragam karena beragam pula pengetahuan dan pengelaman setiap orang yang mengucapkan.

Tapi tidakkah itu menggelitik kita? tidakkah semua itu membuat kita ‘geram’ sbg warga Subang yang tahu daerah kita yg sebenarnya? apakah betul kabupaten ini hanya terdengar karena kabar korupsinya saja, kabar kasus kecelakaannya saja, atau potensi di Subang hanya Sari Ater dan nanas simadunya saja??

Setujukah sahabat kalau subang sebagai bagian dari tatar sunda memiliki sejuta peninggalan budaya dan keseniannya?? Lalu sudah sejauh mana eksistensi budaya-budaya tersebut? Tahukah sahabat beberapa banyak budaya yang kita miliki yang sudah dan hampir punah? Seberapa banyak gedung dan tempat bersejarah yang terjaga? Berapa banyak budaya kita yang diklaim oleh bangsa lain? Bukankah itu potensi yang kita miliki, yang bangsa ini miliki, yang seharusnya bisa menjadi ‘alat’ untuk membangun subang dan bangsa ini?? dan yang terpenting, bukankah sudah tanggung jawab kita, sebagai warga yang baik, untuk ‘gotong royong’ dalam menggali, mengeksplorasi, dan menjaga apa yang dimiliki daerah dan bangsa kita saat ini.

Sobat Budaya Subang

Sobat Budaya Subang (SBS). Sebuah komunitas yang hadir untuk melaksanakan tujuan itu. Mengeksplorasi dan mendata potensi budaya-budaya di Subang. Mari belajar bersama untuk berkontribusi dan berperan aktif membangun daerah. Mengenal dan memperkenalkan potensi-potensi daerah yang salah satunya adalah potensi budaya. Berawal dari membangun daerah, semoga kita bisa berkontribusi untuk membangun bangsa yang besar ini…

Tunggu apa lagi yuk gabung bersama Sobat Budaya Subang (SBS), sebagai wujud nyata kontribusi kita untuk daerah yang kita cintai ini.

Open Recruitment anggota SBS dibuka hingga 15 Sepetmber 2014. Kirim CV sobat ke sobatbudayasubang@gmail.com dengan subjek Posisi yang diinginkan (seperti terdapat pada gambar di atas)  sebelum tanggal 15 September 2014 pukul 12.00 WIB.

Info : @sobatbudayasubang

CP : Muhmmad Baidowi (085742016101)

         Yanu Endar Prasetyo (085219330996)