Infrastruktur Rusak, Potensi Wisata di 3 Zona Subang Tak Berkembang

KOTASUBANG.com, Subang – Semua warga Subang sudah mafhum, kabupaten ini terdiri dari tiga zona utama yaitu laut, dataran rendah dan pegunungan. Tiga zona berbeda tersebut selalu dibanggakan dan sering diungkapkan para pejabat Subang dengan berbagai potensi di dalamnya, termasuk  potensi wisata.

Namun sayang masalahnya klasik, hingga kini masalah infrastruktur menjadi kendala utama potensi wisata di 3 zona ini tak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Hal terebut juga diakui oleh kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Subang, Asep Nuroni.

“Saya akui, pariwisata kita memang terkendala infrastruktur. Walaupun pengelolaannya baik kalau infrastrukturnya jelek ya, para pengunjung pasti tidak mau datang,” ungkap Asep Nuroni.

pondok bali subang 3

Pantai Pondok Bali. Infrastruktur jalan yang rusak menjadikan pantai ini sepi pengunjung

Namun menurutnya masalah infrastruktur tersebut sedikit demi sedikit tengah dibenahi, sesuai dengan program Gapura infrastruktur berkelanjutan yang dicanangkan Bupati Subang.

“Bupati sekarang tengah menjalankan program Gapuranya, salah satunya mengenai infrastruktur berkelanjutan yang di dalamnya termasuk perbaikan infrstruktur jalan menuju tempat wisata,” paparnya.

“Mudah-mudahan tahun sekarang kekejar perbaikan infrastruktur jalan ke beberapa tempat wisata,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan kotasubang.com beberapa lokasi wisata yang aksesnya rusak parah diantaranya menuju pantai pondok Bali, penangkaran buaya Blanakan, pantai Patimban, pantai Cirewang, Batu Kapur dan menuju lokasi beberapa air terjun di Subang selatan. Rusaknya infrastruktur jalan ini menyebabkan lokasi wisata tersebut sepi pengunjung.