Kebakaran Hebat Landa TPAS Panembong, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Kebakaran hebat melanda Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPAS) Panembong di Kelurahan Parung, Subang siang ini, Senin (8/9/2014). Kebakaran yang mulai terjadi sekitar pukul 12.00 ini langsung membakar hampir seluruh bagian TPAS, angin kencang dan udara yang panas menyebabkan api cepat membesar.

Selain membakar sampah, api juga membakar saung-saung yang didirikan para pengumpul sampah. Asap tebal membumbung tinggi dan menyebar hingga ke pemukiman penduduk di sekitar TPAS. Beruntung api tidak mencapai pemukiman penduduk sekitar TPAS.

Menurut Umi, pengepul sampah di sana, kebakaran ini sebenarnya yang ketiga kali terjadi dalm seminggu ini, namun kebakaran yang terjadi hari ini adalah yang terbesar.

“Sebenarnya minggu ini udah 3 kali kebakaran, yang pertama hari Rabu lalu, terus hari Sabtu dan sekarang (8/9/2014), tapi yang hari ini yang terbesar, kata Umi kepada kotasubang.com di tempat kejadian.

Pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di TPAS Panembong, Senin (8/9/2014)

Pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di TPAS Panembong, Senin (8/9/2014)

Menurutnya kebakaran hebat yang terjadi Senin sang ini juga pernah terjadi sekitar 4 tahun lalu, bahkan menurutnya waktu itu api nyaris sampai ke perumahan penduduk.

Mengenai penyebab kebakaran hebat ini, Umi mengatakan udara yang terik dan angin kencang menyebabkan sampah kering mudah terbakar. Menurutnya dibawah tumpukan sampah ini mengandung gas yang mudah terbakar.

“Di bawah tumpukan ini kan ada gas yang mudah terbakar,” jelas Umi.

Sementara itu berdasarkan pantauan kotasubang.com setidaknya 3 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi kebakaran ini. Jauhnya sumber air menyebabkan proses pemadaman api terhambat. Ketika air di mobil pemadam habis, muncul sumber api lain di titik yang berbeda dan cepat membesar kembali.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.