5000 Pelajar SMP di Subang Tak Lanjutkan Sekolah

KOTASUBANG.COM, Subang – Sebanyak 5.000 pelajar SMP dan MTs di Subang tidak melanjutkan sekolah ke tingkat SMA. Kondisi ini diduga disebabkan karena minimnya kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Padahal untuk meningkatkan keterjangkauan sekolah, Dinas Pendidikan Subang mengalokasikan anggaran sebanyak Rp3,5 miliar untuk Beasiswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, E Kusdinar mengungkapkan, dari 18 ribu siswa yang lulus tahun ini, ada 5.000 siswa yang tidak melanjutkan sekolah. Itu artinya hanya 13 ribu siswa yang melanjutkan sekolah.

SMP

“Dari 13 ribu itu, hanya 20 persennya yang melanjutkan ke tingkat SMA. Penyebab pastinya belum diketahui, hanya diperkirakan karena tingkat kesadaran terhadap pentingnya pendidikan masih kurang,” ucapya, Kamis (4/9/2014).

Penyebab lain dari rendahnya tingkat melanjutkan sekolah karena masih ada industri yang mempekerjakan lulusan SMP. Padahal, pemerintah terus menggenjot tingkat pendidikan dengan berbagai bantuan. Seperti dana BOS, bantuan Prov Jabar hingga Pemkab Subang.

“Untuk Pemkab Subang saja anggaran yang dialokasikan mencapai Rp3,5 miliar,” tutupnya. (Inilah)