Sisingaan Titinggi Meriahkan Festival Asia Pasifik, Bupati Purwakarta Turut Diarak Sisingaan

KOTASUBANG.com, Purwakarta – Festival Asia Pasifik yang digelar oleh Pemkab Purwakarta Sabtu malam (30/8/2014) berlangsung meriah. Dalam gelaran tersebut dipertunjukkan berbagai jenis kesenian yang dibawakan oleh para kontingen dari belasan negara. Mewakili Indonesia, para seniman dari Kabupaten Subang juga turut serta memeriahkan acara tersebut, tentu saja dengan menunjukkan kesenian khas Subang yaitu Sisingaan.

Namun, ada yang berbeda dengan Sisingaan yang dipertunjukkan malam tadi. Sisingaan ini di berinama Sisingaan Titinggi atau Singa Titinggi, yaitu berupa belasan Sisingaan yang diarak berbaris ke belakang dimana di depan barisan tersebut terdapat Sisingaan yang besar yang akan nampak seperti kepala barisan sisingaan tadi. Sementara di sisi luar barisan Sisingaan tadi dilengkapi ornamen menyerupai sisik yang menutup barisan Sisingaan mulai dari barisan terdepan hingga ke belakang. Jika diperhatikan barisan panjang Sisingaan ini akan tampak seperti hewan titinggi (kaki seribu). Puluhan kaki penari akan tampak seperti kaki titinggi tersebut sehingga dinamakan Sisiingaan Titinggi.

kontingen sisingaan subang
Kontingen Subang pada Festival Asia Pasifik di Purwakarta diwakili Sisingaan Titinggi
sisingaan titinggi subang di purwakarta
Bupati Purwakarta Menyaksikan Sisingaan
Festival Asia PAsifik Purwakarta Sisingaan
Bupati Purwakarta Memberikian Plakat Penghargaan atas partisipasi dalam gelaran Festival Asia Pasifik di Purwakarta

Menurut salah satu maestro seni Sisingaan, abah Ukat Mulyana atau dikenal dengan mang Robot,  Sisingaan Titinggi ini merupakan salah satu kreasi baru dari seni Sisingaan.

“Ini merupakan kreasi baru dari seni Sisingaan, baru diciptakan beberapa tahun lalu” kata abah Robot pemilik grup Sisingaan Setia Wargi ini kepada kotasubang.com

Dalam gelaran Karnaval Asia Pasifik tersebut kontingen kabupaten Subang tampil menjelang dini hari pukul 01.00 WIB. Meskipun demikian antusiasme penonton masih sangat tampak, termasuk dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Pada kesempatan itu Bupati Purwakarta kelahiran Subang tersebut bahkan turut menari dan diarak dengan salah satu Sisingaan. Hal ini tentu saja menjadi pemandangan yang menarik.

Bupati Purwakarta tampak sumringah menaiki Sisingaan
Bupati Purwakarta tampak sumringah menaiki Sisingaan
Sisingaan Bupati Purwakarta
Bupati Purwakarta Dedi Mulayadi diarak Sisingaan
Sisingaan titinggi Festival Asia PAsifik Purwakarta
Bupati Purwakarta naik Sisingaan sambil berdiri

Selain dari Subang, kontingen dari Purwakarta juga ada yang membawakan Sisingaan dengan kreasi yang berbeda. Dalam seni Sisingaan yang mereka pertunjukkan, di atas setiap Sisingaan dinaiki anak kecil yang seluruh badannya berbalur tanah liat. Menurut keterangan panitia, hal ini menunjukkan Purwakarta sebagai salah satu penghasil gerabah.

Sebagai warga Subang tentunya kita harus bangga, kesenian Sisingaan telah menyebar ke berbagai kota lainnya di Jawa Barat. Sebagai tempat lahirnya kesenian ini tentu saja warga Subang sendiri yang harus berperan untuk melestarikannya. Kreasi yang dilakukan abah Robot tadi merupakan salah satu cara agar kesenian Sisingaan semakin menarik, tentunya dengan mempertahankan keaslian Sisingaan itu sendiri. Dengan demikian Sisingaan akan terus tumbuh dan lestari.

Artikel Terkait:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here