Dewan Ambalan SMAN 1 Subang Aplikasikan Materi Kepramukaan di Masyarakat

Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Subang sukses menggelar PGP dan Persami yang merupakan bagian dari prosesi pengukuhan perpindahan tingkatan Pramuka dari Penggalang ke Penegak bagi siswa kelas 10. Rangkaian kegiatan Pramuka di SMAN 1 Subang tersebut telah berlangsung dari tanggal 19-21 untuk PGP dan 23-24 Agustus untuk Persami.

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan khas kepramukaan seperti pendirian tower khas Dewan Ambalan Ganeca-Padmanaba, penampilan perkusi lawak, api unggun, dinamika kelompok dan jelajah. Sebelumnya dilakukan juga pemberian materi kepramukaan.

Pendirian tower khas Dewan Ambalan Ganeca-Padmanaba

Pendirian tower khas Dewan Ambalan Ganeca-Padmanaba

Api Unggun Persami SMAN 1 Subang

Api Unggun Persami SMAN 1 Subang

“Kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaatnya, diantaranya membuat anggota Pramuka terlatih untuk sigap dalam menyikapi suatu permasalahan dan lebih mencintai lingkungannya,” kata seorang panitia pelaksana yang juga anggota Dewan Ambalan.

Selain itu, menurutnya kegiatan ini akan membuat anggota Pramuka terlatih untuk menjadi yang terdepan di barisannya, terbiasa untuk mendapatkan pelajaran baik sikap, keterampilan maupun pengetahuan dengan hasil jerih payahnya sejak dini dan peserta dapat mengembangkan ide kreatifnya misalnya dengan penampilan di bidang seni.

“Pramuka di SMA 1 Subang ini berbeda, karena kita diajarkan untuk lebih mandiri dan bisa mengaplikasikan materi dalam Pramuka itu di masyarakat. Seperti saat diadakannya jelajah pagi tadi, selain mencari jejak peserta juga diharuskan membersihkan sampah yang mereka lihat di jalan yang mereka lalui,” ujarnya.