Dinas Pertanian Subang Gelar Pameran Produk Pertanian

Pemerintah Kabupaten Subang mengapresiasi Gelar Produk Pertanian 2014. Menurut Wakil Bupati Subang, Imas Aryumningsih melalui kegiatan ini dapat memacu motivasi petani untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang berkualitas lebih baik dari waktu ke waktu. Kemudian mampu berkembang di daerah Subang kemudian menembus pasar nasional bahkan sampai pasar internasional.

“Produk pertanian Subang bisa berkembang bukan hanya di Subang tetapi bisa menembus pasar nasional bahkan insternasional,” ujar Imas dalam sambutannya di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab. Subang, Selasa (19/8/2014).

Kekayaan alam yang dimiliki Subang, lanjut Imas harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pemerintah pun berupaya mendukungnya. Salah satunya upaya pembangunan waduk Sadarwarna guna menambah peluang dialirinya lahan pertanian di kawasan Cipunagara dan Pagaden yang tidak teraliri air dari Jatiluhur.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab Subang, Ir. Endang Sutarya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 30 kecamatan yang menampilkan merupakan produk-produk Subang. “Produk yang benar-benar asli Subang yang pantas kita fasilitas dan kita dorong dibina untuk dipromosikan,” ujar Endang. Dinas pertanian hanya mampu mendukung dalam pengembangan teknologi pertaniannya saja. Dukungan-dukungan lainnya sangat diperlukan dukungan pihak lainnya. Diantaranya Dinas Indagsar supaya memberikan masukan tentang kemasan dan kualitas yang bisa diterima oleh pasar.

bu imas

Kepada Dinas Koperasi supaya memberikan masukan supaya pertanian menjadi industri mikro lembaga ekonomi yang kuat. Perbankan supaya mendukung kepada petani yang telah bersemangat seperti sekarang ini supaya diberikan peluang lebih besar lagi bisa eksis di perbankan. “Saya harap perbankan bisa memberikan dukungan berupa kemudahan persyaratan dan bunga yang tidak terlalu memberatkan,” katanya.

Kemudian Dinas Kesehatan supaya memberikan kemudahan dalam mengurus uji lab mengenai produk supaya konsumen produk dengan tenang mengkonsumsinya. “Ada ijin dinas kesehatan dan ditambah label halal dalam kemasannya,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan bantuan kepada kelompok tani di Subang berupa alat power threaser dan pompa air, handtracktor dan mengembangan irigasi power sprayer dan handsparyer. Kemudian dilakukan Peresmian Gedung Asosiasi Pasar Tani (Aspartan) Kabupaten Subang dan Pengedalian Hama, Penyakit dan Kekeringan.

Kegiatan ini juga menyelenggarakan Lomba Asah Terampil, Lomba Bongkar Pasang Handtracktor, Lomba Pengolahn Makanan Non Beras dan Non Terigu, Lomba Penataan Buah-Buahan, Lomba Penataan Sayuran, Lomba Mewarnai untuk Anak-Anak TK, Lomba Pengucapan Yel-yel dan Pertandingan Bola Volley.

Tema yang diangkat ialah “Dengan Gapura Emas Kita wujudkan Kabupaten Subang sebagai Daerah Agribisnis Guna Meningkatkan Nilai Tambah, Daya saing dan Pemasaran Produk Pertanian untuk Mendukung Program Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Kreatif”. (jabarprov.go.id)

Berita Terkait: