Berkunjung ke Blanakan, Tempat Pelelangan Ikan Terbesar di Subang

KOTASUBANG.com, Blanakan – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Blanakan merupakan tempat pelelangan ikan terbesar di kabupaten Subang. Setiap pagi hingga menjelang siang di TPI Blanakan di lakukan aktivitas lelang ikan hasil tangkapan nelayan. Nelayan yang menjual iknannya di sini bukan hanya nelayan lokal tapi banyak juga yang berasal dari daerah pantura Jawa lainnya, termasuk yang berasal dari Jawa Tengah.

Berbagai jenis ikan laut segar dilelang di sini, mulai dari ikan teri, udang, kerapu, pari dan berbagai jenis ikan lainnya. Bagi para penggemar ikan laut, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi, sebab TPI Blanakan tidak hanya melayani pembeli dengan partai besar saja, para pembeli partai kecil juga dilayani.

pelelangan ikan blanakan subang
Ikan hasil tangkapan nelayan siap dilelalng di TPI Blanakan Subang
TPI Blanakan subang
Nelayan menurunkan ikan hasil tangkapan di TPI Blanakan, Subang

Hal menarik lainnya yang bisa dilihat di sini adalah suasana lelang ikan yang terjadi antara para nelayan yang disebut “juragan” dan para pembeli yang disebut “bakul”. Transaksi antara juragan dan bakul ini dijembatani oleh seorang juru tawar. Cara juru tawar memimpin proses lelang sangat unik, dengan cara berteriak-teriak melalui mikrofon menggunakan istilah-istilah tertentu yang kadang tidak dimengerti oleh para pengunjung yang baru pertama kali ke sana.

TPI Blanakan dikelola oleh koperasi Unit Desa Mina Fajar Sidik. Koperasi ini mulai dirintis dari tahun 1958. Dari rintisan tersebut, pada tahun 1966 berdirilah Koperasi Perikanan Laut Misaya Laksana yang kemudian pada tahun 1974 nama koperasi ini berubah menjadi KPL Misaya Fajar Sidik.

Mulai tahun 1978 hingga sekarang namanya berubah menjadi Koperasi Unit Desa Mina Fajar Sidik. Nama Fajar Sidik diambil dari tokoh yang berperan besar dalam berdirinya koperasi itu.  H. Fajar Sidik juga merupakan ketua koperasi pertama yang telah dianggap membawa kesuksesan koperasi tersebut.

TPI-blanakan

pelelangan ikan subang
Seorang ibu memilah ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Blanakan, Subang

Berita Terkait: